5 Jenis Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Wajib Dikonsumsi

713x Dibaca
5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh yang Wajib Dikonsumsi 5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh yang Wajib Dikonsumsi

Perbesar Huruf :

Bertambahnya usia membuat terjadinya beberapa perubahan pada tubuh. Salah satunya sistem imun yang tidak lagi sama seperti saat muda. Hal ini karena saat memasuki usia senja, tubuh akan kehilangan massa otot yang berimbas pada daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa otot memiliki peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit kronis

Selain itu, faktor penuaan yang berkaitan dengan defisiensi mikronutrien yang dapat memperburuk atau menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan penambah imun tubuh adalah salah satu cara untuk terhindar dari berbagai penyakit.  Dengan menjaga pola makan sehat serta pemilihan makanan, maka kesehatan tubuh lebih terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh & Kandungannya

Untuk menambah daya tahan tubuh, makanan yang kita konsumsi perlu memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin D, zinc, zat besi, dan selenium. Nutrisi tersebut terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Lalu, apa saja jenis makanan penambah imun tubuh yang wajib dikonsumsi agar tetap bisa beraktivitas seperti biasanya? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Daging dan Makanan Laut

Daging-dagingan seperti daging sapi, kambing, dan unggas adalah sumber protein penting dalam pola makan. Hal ini juga berlaku untuk makanan laut.

 

Selain kaya akan protein, daging dan makanan laut juga mengandung zinc. Kandungan zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dengan membantu sistem imun untuk melawan infeksi bakteri maupun virus.

 

Kabar baiknya, berbagai mineral penting ini bekerja bersama dengan protein untuk memperkuat daya tahan tubuh.

 

Baca Juga: Ini Daftar Minuman dan Makanan Penambah Imun Tubuh!

 

2. Sayuran

Jenis makanan yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh di antaranya adalah buah, dan sayur yang mengandung nutrisi dan kaya antioksidan. Ada banyak jenis sayuran yang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

 

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, hingga paprika dapat menjadi pilihan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh. Jenis-jenis sayuran itu kaya akan vitamin C, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh.

 

Vitamin C memiliki efek untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Kandungan lain dalam sayuran yang juga baik untuk daya tahan tubuh adalah vitamin A, beta-karoten, dan berbagai antioksidan lainnya.