5 Jenis Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh yang Wajib Dikonsumsi

1532x Dibaca
5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh yang Wajib Dikonsumsi 5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh yang Wajib Dikonsumsi

Perbesar Huruf :

Bertambahnya usia membuat terjadinya beberapa perubahan pada tubuh. Salah satunya sistem imun yang tidak lagi sama seperti saat muda. Hal ini karena saat memasuki usia senja, tubuh akan kehilangan massa otot yang berimbas pada daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa otot memiliki peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit kronis.

Selain itu, faktor penuaan yang berkaitan dengan defisiensi mikronutrien yang dapat memperburuk atau menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan penambah imun tubuh adalah salah satu cara untuk terhindar dari berbagai penyakit. Dengan menjaga pola makan sehat serta pemilihan makanan, maka kesehatan tubuh lebih terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh & Kandungannya

Untuk menambah daya tahan tubuh, makanan yang kita konsumsi perlu memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin D, zinc, zat besi, dan selenium. Nutrisi tersebut terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Lalu, apa saja jenis makanan penambah imun tubuh yang wajib dikonsumsi agar tetap bisa beraktivitas seperti biasanya? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Daging dan Makanan Laut

Daging-dagingan seperti daging sapi, kambing, dan unggas adalah sumber protein penting dalam pola makan. Hal ini juga berlaku untuk makanan laut.

 

Selain kaya akan protein, daging dan makanan laut juga mengandung zinc. Kandungan zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dengan membantu sistem imun untuk melawan infeksi bakteri maupun virus.

 

Kabar baiknya, berbagai mineral penting ini bekerja bersama dengan protein untuk memperkuat daya tahan tubuh.

 

 

2. Sayuran

Jenis makanan yang bagus untuk meningkatkan imun tubuh di antaranya adalah buah, dan sayur yang mengandung nutrisi dan kaya antioksidan. Ada banyak jenis sayuran yang memiliki manfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

 

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, hingga paprika dapat menjadi pilihan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh. Jenis-jenis sayuran itu kaya akan vitamin C, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh.

 

Vitamin C memiliki efek untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Kandungan lain dalam sayuran yang juga baik untuk daya tahan tubuh adalah vitamin A, beta-karoten, dan berbagai antioksidan lainnya.

 

3. Buah-buahan

Seperti sayuran, buah juga menjadi salah satu jenis makanan tinggi vitamin C wajib jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa jenis buah yang dapat menjadi makanan penambah imun adalah jeruk, pepaya, kiwi, tomat, lemon, semangka, hingga stroberi.

 

Selain vitamin C, buah-buahan juga kaya antioksidan yang juga baik untuk memperkuat kekebalan tubuh. Pada semangka, misalnya, kandungan antioksidan bernama glutathione membantu melawan infeksi.

 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian juga termasuk makanan penambah imun tubuh yang mudah didapatkan di kehidupan sehari-hari. Jenis makanan ini tidak hanya tinggi serat dan protein tapi juga kaya vitamin dan mineral seperti zat besi, zinc, asam folat, kalsium, dan kalium.

 

Kandungan nutrisi yang kaya tersebut tidak hanya  baik bagi sistem imun tapi juga punya manfaat bagi kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, anti-kanker, diabetes, dan obesitas.

 

5. Rempah

Selama ribuan tahun, rempah dipercaya sebagai tanaman obat dalam pengobatan Ayurveda maupun jamu-jamuan di Indonesia. Bahkan, tak jarang, rempah diolah menjadi minuman untuk memperkuat daya tahan tubuh.

 

Rempah seperti jahe, kunyit, kencur, serai, kayu manis, sampai bawang putih memiliki manfaat sebagai makanan penambah imun. Pada umumnya, rempah memiliki kandungan antioksidan, anti-peradangan, hingga antibakteri yang penting untuk sistem imun tubuh.

Mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat di atas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi terbaiknya. Sebagai pelengkap makanan untuk penambah daya tahan tubuh, Anda bisa menambahkan suplemen nutrisi seperti Ensure.

Ensure merupakan asupan nutrisi yang dilengkapi dengan vitamin D, vitamin C, Zinc, selenium, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini juga makin terasa dengan formulasi Triple Protein pada Ensure, yaitu perpaduan protein whey, kasein, dan soya.

Selain itu, Ensure rendah laktosa yang Ketika dikonsumsi nyaman di perut.

Soal rasa, tak perlu diragukan, Ensure memiliki dua rasa lezat yang bisa Anda pilih, yaitu vanilla dan cokelat.

Untuk melengkapi berbagai jenis makanan penambah imun tubuh di atas, Anda bisa mengonsumsi Ensure 2 kali sehari. Cara penyajiannya pun cukup mudah, cukup tambahkan 5 sendok takar Ensure ke dalam 200 ml air matang lalu aduk secara merata.

Demikianlah informasi mengenai makanan penambah daya tahan tubuh yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain mendapatkan nutrisi, Anda juga perlu mengimbanginya dengan aktivitas fisik, misalnya berolahraga secara rutin untuk menjaga Kesehatan dan kekuatan tubuh setiap hari. Dengan tubuh yang kuat, daya tahan tubuh dapat bekerja dengan optimal melawan penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

 

 

SOURCE:

Nutrition and Immunity - Harvard T.H. Chan. Retrieved 01 June 2022, from  https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/ 

Zinc Fact Sheet for Consumers - NIH. Retrieved 01 June 2022, from  https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-Consumer/ 

7 Foods That Fight Back: Immune System Boosters - EverydayHealth. Retrieved 01 June 2022, from  https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/7-foods-fight-back-immune-system-boosters/

8 Ways to Boost Your Immune System If You’re Over 65 - Healthline. Retrieved 01 June 2022, from  https://www.healthline.com/health/flu/boost-immune-system-over-65#eat-a-nutrient-dense-diet

15 Foods That Boost the Immune System - Healthline. Retrieved 01 June 2022, from  https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system

Nutrition for Today: What is a superfood? Find out so you can improve your overall health - Florida Today. Retrieved 01 June 2022, from  https://www.floridatoday.com/story/life/wellness/2022/05/03/here-10-superfoods-sure-boost-your-immunity-make-you-feel-better/7445000001/