Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, 5 Nutrisi Ini Baik untuk Dikonsumsi!

Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, 5 Nutrisi Ini Baik untuk Dikonsumsi! Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, 5 Nutrisi Ini Baik untuk Dikonsumsi!

Perbesar Huruf :

Seiring bertambahnya usia, kinerja tubuh pun akan semakin berkurang. Kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit pun juga ikut menurun. Maka, penting bagi Anda dan keluarga untuk menjalani pola hidup sehat dan diet yang seimbang guna memenuhi kebutuhan makro dan mikronutrien dalam tubuh.

Kenali Nutrisi yang Dapat Jaga Daya Tahan Tubuh

Apabila Anda sering mengalami gangguan kesehatan ringan, seperti cepat lelah, badan lemas, meriang, badan pegal, flu atau batuk, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa daya tahan tubuh Anda sedang dalam kondisi yang kurang optimal. Padahal, imun tubuh sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk mengeliminasi patogen yang masuk ke dalam tubuh sehingga membantu terhindar dari berbagai penyakit.

Pentingnya Konsumsi Nutrisi untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi Anda, yaitu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen tambahan dipercaya mampu meningkatkan daya tubuh untuk berbagai kuman, virus, atau infeksi yang mudah menular.

Penambahan suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal, terutama jika kebutuhan gizi dari asupan sehari-hari tidak tercukupi. Namun, jika tubuh Anda sudah terpenuhi dengan makronutrien seperti buah dan sayuran, sebaiknya kita tidak perlu mengonsumsi suplemen atau multivitamin lain. Sebaliknya, jika Anda hanya makan dengan porsi kecil, suplemen atau multivitamin tambahan akan diperlukan, tentunya dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing orang.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Menurun dan Cara Mencegahnya

Sistem daya tahan tubuh Anda bisa saja menurun jika bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Semua itu tentunya bisa membuat Anda menjadi sakit. Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh Anda, seperti wabah flu yang sering terjadi saat musim hujan (karena virus bertahan di udara lebih lama pada musim ini), mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, dan mengalami stres.

Selain itu, perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti pergantian musim atau ketika masuk musim hujan, juga dapat mempermudah terjadinya infeksi. Bagi Anda yang aktif melakukan segala aktivitas setiap harinya, tentu sangat mengganggu jika Anda mudah terkena penyakit dan kondisi yang memengaruhi daya tahan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus menjaga daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Jika kebutuhan nutrisi terpenuhi, tubuh juga akan terasa lebih bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Lantas, apa saja nutrisi yang perlu Anda konsumsi untuk bantu jaga daya tahan tubuh?

1. Vitamin B6

Salah satu nutrisi vitamin yang baik untuk jaga daya tahan tubuh adalah vitamin B6. Vitamin ini merupakan kelompok vitamin yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi pada tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6 akan memperlancar peredaran sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membantu meningkatkan imun tubuh.

2. Vitamin D

Memenuhi asupan vitamin D juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan otot. Fungsi dari vitamin D yaitu membantu penyerapan fosfat dan kalsium di dalam tubuh. Untuk lansia yang usianya di bawah 70 tahun, vitamin D yang disarankan sebanyak 600 IU per hari. Bagi lansia di atas 70 tahun, kebutuhan vitamin D yang diperlukan yaitu 800 IU.

3. Protein Kasein

Kasein merupakan jenis protein yang mampu membentuk sekitar 80 persen dari protein susu sapi. Fungsi utama dari protein kasein yaitu menjaga kesehatan otot. Alasannya protein satu ini melepaskan asam amino secara perlahan sehingga mampu memperbaiki kondisi otot dan menjaga kesehatan otot ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur. Protein kasein juga membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta baik bagi jantung dan bantu jaga daya tahan tubuh.

4. Protein Soya

Protein kedelai termasuk protein lengkap. Artinya mengandung semua asam amino esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh dan bisa dipenuhi dari makanan. Protein kedelai cenderung lebih rendah dibanding protein whey dalam hal sintesis protein untuk otot namun kinerjanya lebih baik dibanding protein kasein. Protein kedelai cenderung memiliki banyak manfaat bila digabung dengan protein lain, salah satunya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Kalsium

Kalsium memiliki peran penting beberapa di antaranya untuk gigi dan tulang, mengatur kontraksi otot dan detak jantung. Mineral satu ini menjadi kandungan yang terus dibutuhkan dari lahir sampai usia tua.

Dalam tubuh, tulang menjadi bagian yang paling banyak kalsium karena bertindak sebagai tempat penyimpanan mineral. Namun, dengan bertambahnya usia, kalsium dalam tubuh akan menurun karena dilepaskan dari tubuh secara alami lewat kotoran, keringat, dan sel kulit.

Jumlah asupan kalsium yang diperlukan setiap orang berbeda-beda setiap usia. Untuk orang dewasa memerlukan 1.000 mg, sementara lansia 50 tahun ke atas memerlukan 1.200 mg.

Itu tadi 5 nutrisi untuk otot yang juga terdapat di dalam produk nutrisi Ensure. Produk nutrisi Ensure juga telah didukung 30 uji klinis, dan dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan membantu kekuatan aktif sepanjang hari. Dilengkapi dengan triple protein (perpaduan Whey, Kasein, dan Soya), 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, sumber serat serta kadar laktosa yang rendah, membuat Ensure nyaman diminum sebagai pelengkap untuk menjaga daya tahan dan membantu tubuh Anda bugar jika disertai dengan makanan bergizi dan olah raga yang rutin.. Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah Ensure secara rutin dua kali sehari. Ensure tersedia dalam dua varian rasa vanila dan cokelat yang lezat. Ukuran tersedia 150 gram, 400 gram, dan 900 gram (ukuran 150 gram hanya tersedia untuk varian vanila). Anda bisa membelinya di supermarket atau toko terdekat dari tempat tinggal Anda.

Ensure, brand nutrisi Dewasa No 1 di dunia dan produk nutrisi yang paling di rekomendasikan di Indonesia. Minum Ensure 2 kali sehari bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari!

 

*Pastikan untuk membaca label yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/5-kandungan-makanan-ini-bisa-tingkatkan-imun-tubuh

 

https://www.nestlehealthscience.co.id/artikel/menu-penunjang-daya-tahan-tubuh-lansia-apa-saja