Ensure, Susu Tinggi Protein Kasein, Whey, dan Soya untuk Menjaga Otot Secara Lebih Optimal

Perbesar Huruf :

Secara umum ada beragam manfaat protein bagi tubuh di antaranya sebagai enzim dan antibodi, mengontrol gula darah dan tekanan darah, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan massa otot, baik untuk tulang, membentuk antibodi, membentuk enzim dan hormon, dan sebagai sumber energi.

Selain manfaat, jenis protein juga bervariasi. Khusus untuk otot dan tulang terdapat 3 jenis protein yang dapat membantu keduanya berfungsi dengan baik yaitu protein whey, protein kasein, dan protein soya. Biasanya ketiga protein tersebut terdapat dalam susu tinggi protein. Untuk tahu informasi lebih lanjut terkait apa saja manfaat 3 protein tersebut dan rekomendasi susu yang bisa Anda konsumsi sehari-hari demi menjaga kesehatan otot dan tulang, simak informasinya berikut ini. 

1. Protein Whey

Protein whey sering dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki otot yang rusak, meningkatkan kekebalan, kekuatan, dan massa otot. Protein whey mengandung lebih banyak asam amino rantai cabang (BCAA) leusin, isoleusin dan valin. Protein whey memiliki kandungan leusin yang lebih tinggi sehingga mendorong proses pembentukan dan pemeliharaan massa otot lebih baik.

2. Protein Kasein

Kasein merupakan protein yang biasa ditemukan pada susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt. Di dalam protein kasein terdapat asam amino yang berguna untuk membantu membangun otot. Kasein menjadi salah satu protein yang cukup lama proses pencernaannya dibanding protein lain, sehingga bisa meningkatkan perasaan kenyang. 

Manfaat lain dari protein kasein yaitu baik bagi sistem saluran pencernaan, kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan meminimalisir pembentukan gumpalan darah berkat kandungan peptida bioaktif di dalamnya.

3. Protein Soya

Protein soya berasal dari kedelai membantu dalam pembentukan massa otot baru dan meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita yang mendekati menopause. Protein soya juga bisa bertugas mengurangi risiko patah tulang pada wanita.  Protein soya bisa ditemukan dalam makanan seperti tempe, tahu, yogurt, dan keju. 

Masing-masing sumber protein di atas mempunyai manfaat yang berbeda. Bila memasukkannya dalam menu harian para lansia misalnya dalam bentuk susu akan sangat baik demi kesehatan otot dan tulang mereka.  Tidak perlu bingung memilih produk susu yang mengandung tiga protein di atas sekaligus, susu Ensure bisa jadi pilihan yang tepat. 

Susu tinggi protein ini rendah laktosa sehingga sangat nyaman di perut, tidak menggunakan pemanis buatan, dan membantu memenuhi kebutuhan serat Anda. Setiap gelas Ensure mengandung sumber serat pangan, omega 3, omega 6, 14 vitamin dan 10 mineral yang bisa mendukung kesehatan tubuh dan kepadatan tulang. 

Konsumsi susu Ensure dua kali sehari agar manfaat yang diperoleh maksimal. Anda bisa menikmati susu Ensure baik dalam kondisi dingin atau hangat. Anda bisa mendapatkan susu Ensure di berbagai supermarket terdekat dari tempat tinggal dengan dua varian rasa yaitu vanila dan cokelat. Selain itu terdapat tiga varian ukuran yang bisa dipilih 150 gram, 400 gram, dan 900 gram (ukuran 150 gram hanya tersedia untuk varian vanila).

 

Lengkapi juga dengan pola makan sehat dan olahraga teratur untuk menjaga kesehatan otot secara maksimal di usia lanjut.