Dukung Masa Pemulihan Lebih Cepat Dengan Nutrisi Tepat

Perbesar Huruf :

Ketika Anda sedang dalam masa pemulihan ataupun perlu merawat orang tua yang baru sembuh dari sakit, maka Anda perlu memahami bila di saat tersebut tubuh sedang bekerja ekstra keras untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan tubuh yang rusak. Namun sayangnya, salah satu efek samping dari penyakit atau obat-obatannya adalah menghilangkan nafsu makan, sehingga risiko terjadinya malnutrisi meningkat dalam periode pemulihan tersebut. Jangan berasumsi “bila lapar pasti akan makan” karena mungkin selera makannya belum kembali. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan nutrisi padat gizi yang tepat yang mengandung zat yang mendukung masa penyembuhan ini.

 

1. Protein

 

Semua sel, jaringan, dan organ tubuh kita terbuat dari asam amino, yaitu bahan penyusun yang ditemukan dalam sumber protein. Namun, tubuh yang sedang dalam masa penyembuhan memiliki risiko pemecahan protein yang lebih tinggi dalam tubuh akibat menurunnya massa otot selama periode sakit, sehingga berisiko memperlambat proses pemulihan. Oleh karena itu, pemenuhan protein harian penting dalam mendukung pemulihan. Tetapi, menurut Harvard School of Public Health, sebaiknya batasi dulu konsumsi daging merah yang tinggi lemak jenuhnya dan hindari daging olahan seperti sosis dan bacon, yang mengandung bahan pengawet dan garam berlebih. Pilihlah sumber protein yang baik untuk dikonsumsi dan bervariasi antara protein dari sumber hewani, seperti telur dan ikan, serta sumber nabati seperti kacang-kacangan, kedelai dan tahu. Konsumsi juga protein seperti HMB yang baik dalam mencegah massa otot berkurang, terutama yang terjadi pada orang tua. HMB merupakan jenis metabolit leusin, yang bisa ditemukan pada sumber makanan seperti alpukat, jeruk bali dan ikan lele. Manfaat HMB telah terbukti klinis dalam mencegah pemecahan protein yang ada dalam tubuh. 

 

 

2. Sayur-sayuran dan Buah-buahan

 

Sayur dan buah adalah sumber serat yang baik untuk mengembalikan fungsi pencernaan serta gerakan usus yang normal setelah sakit. Bila fungsi ini masih terganggu, maka risiko terjadi kendala susah BAB atau BAB keras dapat dialami, dan pastinya menyebabkan ketidaknyamanan terutama pada orang tua. Selain itu, konsumsi sayur dan buah yang beragam dapat memastikan kecukupan vitamin dan mineral sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk membuang toksin dari tubuh, dan tentunya mendukung pulihnya kesehatan tubuh.

 

3. Hidrasi

 

Kembalikan cairan tubuh yang hilang saat sakit, terutama bila selama sakit mengalami gejala diare, muntah ataupun demam yang membuat kondisi hidrasi tubuh terganggu. Keadaan kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, lemas, pusing, dan mual sehingga bisa mengganggu masa pemulihan. Pastikan selalu ada air minum di dekat orang tua yang sedang dalam masa penyembuhan, yang bisa berisi air putih atau susu yang lebih padat gizi untuk menjaga kondisi hidrasinya. Berikanlah susu untuk orang tua yang sulit makan agar kebutuhan nutrisinya tetap dapat terpenuhi setiap harinya.

 

Dan salah satu hal penting lainnya untuk mendukung pemulihannya adalah dukungan dari orang-orang sekitarnya. Kondisi sakit dan penyembuhan dapat menyebabkan keadaan yang tidak nyaman bagi si penderita dan mungkin dapat mempengaruhi kondisi psikisnya. Dengan memberikan perhatian ekstra kepada kebutuhannya, baik nutrisi padat gizi maupun pendampingan seperti yang diharapkannya, dapat membantu tubuh mendapat energi fisik dan mental yang dibutuhkan orang tua yang sedang dalam masa pemulihan. Memberikan susu untuk orang tua sakit dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

 

PT Abbott Products Indonesia kini hadirkan Goldsure by Ensure yang dapat diberikan untuk membantu nutrisi selama pemulihan dibawah pengawasan dokter. Setiap gelas Goldsure by Ensure yang sesuai dengan anjuran penyajian akan memberikan 10 gram Triple Protein yang merupakan perpaduan unik dari kebaikan protein hewani dan nabati dan juga HMB sebagai nutrisi yang penting untuk memastikan kekuatan otot terutama untuk para orang tua dalam pemulihan setelah sakit. Goldsure by Ensure juga mengandung  sumber serat pangan FOS yang merupakan prebiotik untuk mendukung kesehatan saluran cerna. Selain itu, dalam setiap sajiannya, Goldsure by Ensure juga dilengkapi omega 3 & 6, rendah laktosa, 14 vitamin dan 9 mineral yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Konsultasikan dengan ahlinya untuk mengetahui kebutuhan nutrisi sesuai dengan kondisi tubuh.

 

 

Sumber:

 

Harvard School of Public Health. 2017. Protein. Diakses dari https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/protein/#protein-research

 

O’Donnell. 2013. Help a Loved One Eat Right to Recover From Illness. Diakses dari https://www.webmd.com/healthy-aging/features/eating-illness-caregivers#1

 

Stout et al: Effect of calcium β-hydroxy-β-methylbutyrate (CaHMB) with and without resistance training in men and women 65+yrs: a randomized, double-blind pilot trialExp Gerontol.2013;48:1303–1310