Daftar Olahan Minuman Tinggi Kalsium yang Wajib Dikonsumsi

1211x Dibaca
Daftar Olahan Minuman Tinggi Kalsium yang Wajib Dikonsumsi Daftar Olahan Minuman Tinggi Kalsium yang Wajib Dikonsumsi

Perbesar Huruf :

Osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi pada manusia saat menginjak usia lanjut. Makanya, banyak orang mulai mengonsumsi minuman atau susu dengan kandungan kalsium tinggi pada usia ini.

Konsumsi minuman tinggi kalsium terkadang diperlukan sebab osteoporosis kerap dikenal sebagai silent disease. Penyakit tulang keropos mampu menurunkan massa tulang tanpa disertai gejala. Gejala penurunan massa tulang baru dapat diketahui ketika sudah mencapai tahap lanjut.

Di Indonesia sendiri persentase penderita osteoporosis pada wanita di atas usia 50 tahun mencapai 32,2 persen, sedangkan pada pria dengan usia di atas 50 tahun sebanyak 28,8 persen. Melihat kondisi ini, tentunya asupan gizi yang seimbang perlu untuk diperhatikan. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan pentingnya kalsium bagi tubuh.

Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh

Kalsium sangat penting bagi tubuh. Mineral ini merupakan nutrisi utama yang diperlukan, terutama bagi perkembangan remaja. Pasalnya, hampir seluruh kalsium atau sekitar 99 persen kandungan kalsium pada tubuh manusia terdapat pada tulang dan gigi dan hanya 1 persen saja yang tersimpan di dalam darah, sel-sel otot, serta jaringan tubuh lainnya.

Maka dari itu, mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya remaja karena tulang masih dapat tumbuh dengan cepat. Tubuh juga memerlukan kalsium tinggi. Sebab, cadangan mineral ini akan berkurang seiring bertambahnya usia manusia.

Manfaat lain kalsium adalah menguatkan tulang dan gigi, mengatur fungsi otot seperti kontraksi dan relaksasi, mengatur fungsi jantung, mengatur pembekuan darah, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Olahraga yang Tepat untuk Jaga Kesehatan Jantung!

Dengan melihat pentingnya kalsium bagi tubuh, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jika kandungan mineral ini berkurang atau tubuh kekurangan kalsium?

Jawabannya adalah, apabila konsumsi kalsium seseorang kurang, maka pembentukan tulang baru akan terhambat. Selain itu, kurangnya konsumsi kalsium juga bisa mengakibatkan kepadatan tulang tidak tercapai dengan sempurna atau dalam kata lain tulang kurang padat.

Kekurangan kalsium, terutama pada masa pertumbuhan akan berakibat pada gangguan pertumbuhan, tulang menjadi kurang kuat, mudah bengkok, dan rapuh.

Sedangkan pada orang dewasa, terutama pada orang dengan usia di atas 50 tahun, kekurangan kalsium menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah atau osteoporosis.

Kebutuhan Kalsium untuk Laki-laki dan Perempuan Dewasa

Kebutuhan kalsium untuk setiap orang berbeda-beda, anak-anak remaja hingga orang dewasa membutuhkan setidaknya dari 360 mg hingga 1.000 mg kalsium per hari. Sedangkan wanita usia lanjut atau lebih dari 50 tahun membutuhkan sedikitnya 1.200  mg kalsium per hari.

Dari penjelasan singkat di atas, bisa disimpulkan bahwa konsumsi kalsium penting dilakukan oleh semua orang, tak peduli jenis kelamin maupun usianya. Pertanyaannya sekarang, kalsium bisa didapatkan dari mana saja?

Makanan yang Mengandung Kalsium

Selain dari minuman berkalsium tinggi, Anda juga bisa mendapatkan mineral bermanfaat ini dari berbagai jenis makanan. Misalnya saja ikan sarden. Dalam 2,5 ons ikan sarden, terdapat 286 mg kalsium.

Nah, jika Anda ingin mengonsumsi ikan ini, jangan menyisihkan tulangnya, karena tulang ikan sarden juga mengandung kalsium.

Makanan lain yang juga mengandung kalsium tinggi adalah ikan salmon. kandungan kalsium dalam 2,5 ons ikan salmon sebanyak 180 mg. Tak  hanya kalsium, ikan ini pun mengandung omega 3 yang bermanfaat menurunkan risiko kanker serta protein yang berfungsi menjaga kesehatan otot.

Anda juga dapat mengonsumsi brokoli sebagai salah satu sumber kalsium. Brokoli merupakan salah satu sayuran dengan kandungan mineral yang tinggi.

Sebagai informasi, dalam 50 gram brokoli terdapat setidaknya 30 mg kalsium. Namun, Anda perlu mengonsumsi sayuran ini dengan cara yang tepat. Brokoli perlu disajikan sebagai lalapan untuk pelengkap makanan agar kandungan kalsiumnya tidak berkurang.

Daftar makanan tinggi kalsium lainnya adalah bayam. Sayuran ini mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram bayam, terdapat setidaknya 150 mg kalsium. Umumnya, bayam diolah dengan cara dimasak menjadi sayur bening yang dicampur dengan jagung. Selain itu, Anda dapat merebus bayam tanpa menambahkan bumbu apa pun ke dalamnya.

Anda mungkin tak menyangka bahwa tahu juga mengandung kalsium. Selain dikenal sebagai sumber protein, tahu memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Bahkan, dalam 100 gram tahu, terdapat 300-500 mg kalsium di dalamnya.