10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami

620x Dibaca
10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami 10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami

Perbesar Huruf :

Memasuki usia lanjut, tubuh manusia mengalami sejumlah perubahan pada sistem daya tahan tubuh yang menurun. Akibatnya, lansia termasuk kelompok rentan terserang penyakit.

Efeknya, infeksi penyakit ringan, seperti flu, dapat menimbulkan risiko komplikasi pada lansia. Karenanya, lansia perlu meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari sakit.

Secara garis besar, ada dua cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang bisa dijalankan dalam kehidupan sehari-hari lansia.

Cara pertama adalah dengan menjalankan aktivitas fisik yang sehat dan sesuai kondisi badan. Cara kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun tubuh.

Kedua cara ini dapat dipraktikkan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya atau upaya berlebihan. Mari membahas bagaimana mempraktikkan masing-masing cara tersebut.

Aktivitas yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Tidur 7 Jam atau Lebih Setiap Malam

Sistem daya tahan tubuh manusia akan melemah jika kekurangan waktu tidur. Orang dewasa, setidaknya, membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya.

 

Tapi, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk imun tubuh. Tidur malam lebih dari 9 atau 10 jam menandakan kualitas tidur buruk.

 

2. Olahraga Ringan Setidaknya 150 Menit Per Minggu

Penelitian menunjukkan salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah aktif bergerak secara teratur. Disarankan, orang dewasa melakukan olahraga ringan sekitar 150 menit dalam seminggu.

 

Rutin berolahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh melalui efek proteksi berupa pencegahan obesitas, yang berkaitan erat dengan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner.

 

Tidak perlu langsung melakukan olahraga berat, cukup sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Contoh olahraga ringan yang memberi efek positif bagi imun tubuh adalah berjalan kaki, bersepeda, berlari, yoga, atau berenang.

 

3. Kelola Stres dengan Baik

Hormon kortisol, yang diproduksi tubuh saat stres, membatasi fungsi tubuh, termasuk sistem imun. Dengan kata lain, stres mengganggu kinerja tubuh. Stres juga memicu pola makan yang buruk dan kurang tidur, yang makin melemahkan imunitas.

 

Karenanya, salah satu cara meningkatkan imun tubuh manusia yang wajib dilakukan adalah mulai belajar mengelola stres. Anda bisa belajar meditasi atau teknik pernapasan untuk stress release.

 

4. Berjemur

Berjemur pada pukul 08.00-09.00 pagi mampu meningkatkan produksi vitamin D, yang merupakan kunci penting menaikkan kekebalan badan terhadap penyakit.

 

Salah satu fungsi utama vitamin D adalah membantu mengaktifkan sel T. Peran vital sel T adalah mendeteksi dan menghancurkan patogen asing yang masuk ke tubuh, seperti bakteri dan virus.

 

Cara mendapatkan vitamin D termudah adalah dengan berjemur di bawah matahari pagi. Waktu pagi hari adalah momen di mana indeks UV atau radiasi paparan matahari masih rendah sehingga aman bagi kulit manusia.

 

5. Jaga Berat Badan Ideal

Penelitian membuktikan, orang gemuk yang menurunkan berat badan sekitar 4,5 kg dapat meningkatkan imun tubuh yang tidak seimbang.

 

Sebaliknya, kurang berat badan juga dapat melemahkan imun. Saat kekurangan berat badan, sistem imun tidak bekerja 100 persen sehingga mudah terserang pilek, flu, atau infeksi lainnya.

 

6. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup sehat adalah keharusan jika ingin memiliki sistem imun kuat. Karenanya, salah satu cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat adalah mengubah kebiasaan buruk.

 

Sebagai contoh, jika Anda merokok, sebaiknya segera berhenti. Merokok berefek buruk bagi kesehatan, seperti melemahkan sistem imun dan membuat Anda rentan terhadap penyakit dan infeksi.