Cara Menghitung Berat Badan Ideal Lansia & Tips Mudah untuk Meraihnya!

Perbesar Huruf :

Entah itu karena menurunnya nafsu makan atau berkurangnya aktivitas  tubuh, banyak dari kita yang memasuki usia emas yang mengalami penurunan berat badan. Untuk menghentikan penurunan ini, maka tak heran jika kita harus lebih banyak makan, berolahraga, atau minum susu penambah berat badan setiap hari.

 

Tapi, berapakah sebenarnya berat badan yang harus kita raih? Berikut cara menghitung berat badan ideal lansia serta tips yang bisa Anda lakukan untuk meraihnya!

 

Perhitungan Body Mass Index untuk Lansia

Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan mengetahui angka body mass index (BMI). Angka ini dihitung dengan mempertimbangkan faktor berat dan tinggi badan. Ketika hasilnya keluar, Anda akan dapat menentukan apakah berat badan kurang, normal, berlebihan, serta obesitas.

 

Berikut adalah cara menentukan angka BMI Anda!

 

BMI = Berat badan dalam kg : (tinggi badan dalam meter x tinggi badan dalam meter)

 

Selanjutnya, di bawah ini adalah contoh menerapkan perhitungan BMI jika berat badan Anda 75kg dan tinggi badan Anda 175cm atau 1,75m!

 

BMI = 75kg : (1,75x 1,75)m2 = 24.5

 

Setelah mengetahui angka ini, Anda bisa menentukan kategori berat tubuh yang mana yang sesuai. Secara umum, orang dengan nilai BMI di bawah 18,5 terbilang berat badan kurang; 18,5-24,9 terbilang normal; 25-29,9 terbilang berlebihan; dan di atas 30 terbilang obesitas.

 

Namun, belakangan ini ditemukan bahwa kategori tersebut tidak bisa diterapkan pada lansia. Ketika menghitung berat badan ideal untuk, kategori perlu disesuaikan dengan mempertimbangkan faktor mortalitas. Menurut riset di The American Journal of Clinical Nutrition, lansia memiliki BMI di bawah 20 dan di atas 37 memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

 

Berikut kategori yang bisa Anda terapkan!

 

- Berat Badan Kurang : <23

- Berat Badan Normal : 23-30

- Berat Badan Berlebih : >31

 

Cara Menaikkan Berat Badan Lansia

Menghitung berat badan ideal dan mengetahui kategori berat badan Anda memang cukup mudah dilakukan. Tapi, pastikan Anda juga melakukan upaya agar berat badan tetap ideal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah!

 

1. Makan Lebih Sedikit, Tapi Sering

Mengonsumsi makanan dengan porsi lebih sedikit dan sering akan terasa lebih mudah dibandingkan makan besar sebanyak 3 kali sehari. Bila perlu, Anda juga bisa memakan camilan di pagi dan siang hari untuk menambah asupan kalori. Namun, pastikan camilan dan makanan yang Anda makan sehat, penuh nutrisi, dan berkualitas!

 

2. Konsumsi Makanan yang Lebih Lembut

Di usia tua, wajar jika nafsu makan berkurang atau kita mengalami kesulitan saat mengunyah. Untuk membantu menangani masalah ini, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi kalori, tapi dengan tekstur yang lembut, seperti alpukat, selai kacang, dan lainnya.

 

3. Masak Makanan yang Mudah Dibuat

Banyak dari kita yang makan lebih sedikit karena enggan masak. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan? Sebagai contoh, Anda bisa membuat makanan dalam jumlah banyak serta menyimpannya di freezer. Ketika ingin makan, Anda bisa memanaskannya dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa memilih menu yang mudah dibuat, seperti oatmeal.

 

4. Tambahkan Topping pada Makanan Anda

Menambahkan nilai kalori pada makanan bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menaburkan biji chia atau biji rami ke dalam oatmeal, yogurt, salad, dan menu-menu lainnya. Kedua biji ini bersifat serbaguna dan bisa menambah asupan kalori dan omega-3 harian Anda.

 

5. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Lansia lebih rentan mengalami penurunan massa otot atau sarcopenia. Nah, untuk menghindarinya, Anda juga perlu meningkatkan asupan proteion, bukan hanya kalori saja. Pasalnya, protein memiliki manfaat yang krusial bagi tubuh, seperti membentuk serta memperbaiki jaringan tubuh dan sel, memelihara kekuatan otot, menjaga ketahanan tubuh dan kesehatannya secara keseluruhan, mempertahankan fleksibilitas dan keseimbangan yang dimiliki tubuh, serta mendukung daya tahan tubuh.

 

Tapi, bagaimana cara memperolehnya dan berapa banyak protein yang kita butuhkan setiap harinya, ya? Anda tidak perlu khawatir karena, pada artikel berikut ini, Anda akan menemukan berbagai contoh sumber protein, kebutuhan protein harian, serta ide makanan sehat tinggi protein yang diharapkan dapat menginspirasi dan membantu Anda memenuhi asupan protein harian.

 

6. Lakukan Olahraga Ringan Setiap Hari

Bersamaan dengan konsumsi protein, pastikan Anda juga berolahraga setiap hari agar massa otot bisa dipertahankan secara optimal. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, dan juga senam setidaknya 150 menit seminggu.

 

Demikian tadi informasi tentang cara menghitung berat badan ideal serta tips meningkat berat badan yang bisa dengan mudah diterapkan. Selanjutnya, guna mendukung peningkatan berat badan dan massa otot, jangan lupa untuk minum susu tinggi protein, seperti Ensure.

Susu Ensure sering dikenal sebagai susu penambah berat badan. Namun, perlu diketahui bahwa susu Ensure lebih dari itu karena mengandung formula Triple Protein (kasein, whey, dan soya) guna mendukung kekuatan otot serta berbagai kandungan lainnya untuk mendukung kesehatan dan daya tahan tubuh, seperti 14 Vitamin & 10 Mineral (termasuk Kalsium & Vitamin D yang tinggi), Omega-3 & 6, dan juga serat pangan. Kombinasi seluruh kandungan ini dapat dukung kekuatan dan daya tahan agar Anda tetap aktif sepanjang hari. Selamat mencoba!