Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Susu untuk Orang Dewasa

Cara Memilih Susu untuk Orang Dewasa Cara Memilih Susu untuk Orang Dewasa

Perbesar Huruf :

Sebenarnya, kita semua pasti sudah pernah mendengar manfaat dari minum susu semenjak kecil dan kanak-kanak. Pasalnya, susu memang mampu mendukung pertumbuhan dan kesehatan, terutama bagi kesehatan tulang, otot, dan juga pertumbuhan tubuh secara menyeluruh.

Tapi, apakah mengonsumsi susu untuk orang dewasa menjadi hal yang wajar untuk dilakukan? Tentu saja jawabannya adalah iya. Meminum susu masih bermanfaat untuk menjaga kesehatan lansia, terlebih karena kandungan-kandungan yang ada di dalamnya, seperti vitamin, mineral, atau nutrisi-nutrisi penting lainnya.

Akan tetapi, perlu disadari bahwa tidak semua susu bagi lansia dan dewasa memiliki kandungan yang sama. Setiap produk asupan nutrisi atau produk mengandung susu tentunya akan memiliki formula khusus dan manfaat utama. Misalnya untuk menjaga kekuatan tulang atau mempertahankan massa otot.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih susu untuk orang dewasa. Mari simak cara-caranya berikut ini!

Kandungan Nutrisi Khusus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kandungan nutrisi menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan saat memilih susu. Namun, secara garis besar, Anda harus mempertimbangkan berapa kebutuhan nutrisi yang diperlukan pasalnya  orang-orang lansia memang membutuhkan nutrisi khusus per individu dan mungkin tidak bisa disamakan dengan orang lainnya.

Solusinya, pilihlah kandungan-kandungan yang dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh selagi Anda memasuki usia lanjut. Berikut adalah beberapa kandungan utama yang bisa jadi pertimbangan!

·        Formula Protein untuk Kekuatan Otot

Semua produk susu atau asupan nutrisi tambahan memiliki kandungan protein. Tapi, sebaiknya, pilihlah produk yang memang dirancang untuk menjaga kekuatan otot, jika kehilangan massa otot merupakan sesuatu yang Anda khawatirkan.

Pada dasarnya, ada tiga jenis protein yang bisa diperoleh lewat produk-produk susu, yakni whey, casein, dan soy. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, pahami manfaatnya dan pastikan hal tersebut dapat mendukung meraih tujuan atau goals Anda.

Baca Juga: Selain Minum Susu Penambah Massa Otot, Jangan Lupa Konsumsi Makanan Ini Juga, Yuk!

·        Mengandung Kalsium dan Vitamin D

Susu sapi mengandung kalsium dengan jumlah yang banyak. Namun, apakah Anda tahu bahwa manusia membutuhkan vitamin D untuk dapat menyerap kalsium tersebut? Maka dari itu, pilihlah produk susu untuk orang dewasa atau asupan nutrisi tambahan dengan kandungan vitamin D yang tinggi, bukan hanya susu kalsium tinggi saja.

Ketika asupan kalsium diberikan secara benar, Anda akan turut menjaga kekuatan tulang dan, bahkan, fungsi otot serta saraf. Lalu, kalsium juga bisa mengatur tekanan darah serta mengurangi risiko terjadinya kanker usus. Tak hanya itu saja, mengonsumsi susu kalsium tinggi sejak dini pun dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis di masa tua. Menarik, bukan?

Baca Juga: Waspada! Berikut Tanda Kekurangan Vitamin D dan Kalsium pada Orang Dewasa

·        Memiliki Kandungan yang Aman bagi Pencernaan

Sekali lagi, susu merupakan minuman yang sehat. Namun, seiring berjalannya waktu, tubuh manusia akan mengalami penurunan, termasuk sistem pencernaannya. Jadi, sebaiknya cari produk asupan nutrisi tambahan dengan kandungan serat yang tinggi dan juga laktosa yang rendah.

Menurut Cleveland Clinic, tubuh kita akan mengalami penurunan produksi lactase yang menyebabkan intoleransi laktosa, sehingga mengonsumsinya dapat memicu gejala-gejala seperti buang angin, diare, dan rasa tidak nyaman di perut. Sedangkan untuk konsumsi serat, manfaatnya hadir karena tubuh lansia akan mengalami pelambatan pada sistem pencernaan, sehingga konsumsi serat dapat memperlancar pencernaan dan menghindari risiko konstipasi, kolesterol tinggi, dan gula darah meningkat.

·        Tidak Mengandung Gula Tambahan yang Banyak

Gula adalah salah satu jenis karbohidrat yang merupakan sumber energi. Namun, pastikan produk susu untuk orang dewasa yang Anda pilih tidak mengandung gula tambahan yang banyak. Seperti yang kita ketahui bersama, mengonsumsi terlalu banyak gula tidak baik untuk kesehatan para pengidap diabetes melitus.

Baca Juga: Perlukah Anda & Orang Tua Minum Susu untuk Menambah Berat Badan & Nutrisi?

·        Mengandung Vitamin C dan Zat Besi

Sama seperti vitamin D dan kalsium, kedua kandungan di atas memiliki hubungan yang erat. Zat besi merupakan mineral yang dapat dibantu penyerapannya jika Anda mengonsumsi vitamin C. Nah, fungsi zat besi sendiri adalah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan kecukupan asupan zat besi dapat menghidarkan terjadinya anemia, sedangkan vitamin C bekerja sebagai antioksidan dan senyawa yang menjaga kesehatan sel tubuh manusia.

Minum Susu Saja Tidak Cukup

Jangan jadikan susu sebagai sumber nutrisi utama. Faktanya, Anda tetap harus mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Jadi, setelah membaca hal-hal yang perlu dijadikan pertimbangan di atas, pastikan untuk menerapkannya ketika memilih menu makanan harian.

Tidak lupa, pastikan untuk terus menjalani hidup aktif. Seperti yang direkomendasikan oleh World Health Organization, semua orang butuh berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Pilihlah kegiatan yang menurut Anda dapat dilakukan secara mudah dan aman, seperti jalan kaki atau senam.

Baca Juga: Waktu Tepat untuk Olahraga Agar Terus Kuat di Masa Tua. Kapan, ya?

Demikian tadi berbagai hal yang wajib jadi pertimbangan Anda ketika memilih susu untuk orang dewasa. Kesimpulannya, memilih susu untuk orang-orang yang memasuki usia lanjut tidak semudah memilih susu kalsium tinggi atau dengan rasa tertentu. Ada berbagai macam kandungan yang perlu diperhatikan karena tubuh manusia membutuhkan banyak sekali nutrisi. Maka dari itu, semakin lengkap kandungannya, maka semakin banyak manfaat yang dapat diraih.

Jika tertarik, Anda pun dapat memperoleh berbagai manfaat dengan susu Ensure dari Abbott. Produk ini dirancang dengan kandungan formula Triple Protein, yang merupakan kombinasi dari Whey, Casein, dan Soya. Tak hanya itu saja, Ensure pun juga mengandung berbagai macam nutrisi untuk menjaga tubuh secara menyeluruh, yakni 14 Vitamin dan 9 Mineral, Omega 3 (110mg) dan Omega 6 (1000 mg), dan Sumber Serat Pangan di tiap sajinya.

Selain itu, Abbott Ensure juga merupakan produk yang cenderung aman dan lezat untuk dicerna oleh pencernaan. Ensure mengandung laktosa rendah dan juga rasa yang lezat (vanila dan coklat) yang bisa dinikmati setiap hari.

Tunggu apa lagi? Dapatkan Ensure di berbagai supermarket atau minimarket terdekat dalam varian ukuran 150 gram (khusus untuk varian rasa vanila), 400 gram, dan juga 900 gram. Namun, jadilah pembeli yang bijak dengan membaca label pada kemasan sebelum Anda membeli Ensure dan produk-produk lainnya dari Abbott Laboratories. Kemudian, jangan lupa untuk mengunjungi situs resmi Ensure untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kandungan-kandungan Ensure serta tips menjalani hidup sehat.

Ensure merupakan brand nutrisi Dewasa No. 11 di dunia dan produk nutrisi yang paling telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sepanjang sehari-hari!

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

 


Sumber:

Milk For Older People: What Are The Benefits? | Daily Beacon

Senior citizens have special nutritional needs

Healthy eating for older adults | nidirect

Iron | nidirect

Vitamin C | nidirect

Lactose Intolerance: Can You Get It as You Get Older?

Increasing Your Fiber Intake: How Much More Do You Need?

Calcium/Vitamin D Requirements, Recommended Foods & Supplements