Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Susu Kalsium Tinggi untuk Orang Tua

4700x Dibaca
Memilih Susu Kalsium Tinggi dan Makanan Yang Sumber Kalsium! Memilih Susu Kalsium Tinggi dan Makanan Yang Sumber Kalsium!

Perbesar Huruf :

Kalsium adalah mineral yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika tubuh kekurangan kalsium maka kepadatan tulang akan berkurang dan keropos. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi susu kalsium tinggi.

Penyerapan kalsium dalam tubuh memerlukan vitamin D. Tanpa vitamin D, kalsium tidak akan diserap dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengimbangi asupan kalsium dengan asupan vitamin D yang cukup.

Dalam tubuh, kalsium tersimpan paling banyak di tulang dan gigi. Saat tubuh membutuhkan kalsium, tulang dan gigi akan melepaskan kalsium untuk memenuhinya. Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, membantu kontraksi otot, serta membantu kinerja sistem saraf dan sel-sel tubuh.

Karena kalsium mempunyai banyak peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, Anda harus mencukupi kebutuhan kalsium. Apalagi jika Anda sudah berusia lanjut, karena kepadatan tulang lansia berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Pada wanita yang sudah menopause, risiko osteoporosis lebih tinggi karena produksi hormon estrogen yang menurun. Hormon estrogen pada wanita berfungsi untuk melindungi tulang dari pengeroposan.

Angka kecukupan kalsium pada lansia yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan adalah 1200 mg per hari. Anda bisa mendapatkan kalsium dari beberapa makanan dan buah yang banyak mengandung kalsium. Jika asupan dari makanan masih kurang, maka Anda bisa mengonsumsi susu kalsium tinggi.

Makanan Sumber Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Anda harus mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium. Berikut beberapa makanan sumber kalsium yang bisa Anda konsumsi:

·        Sayuran hijau

Beberapa sayuran hijau seperti bayam, sawi, pokcoy, dan brokoli mengandung banyak kalsium. Sayuran hijau seberat 190 gram mengandung kalsium  sebanyak 268 mg. Namun, beberapa sayuran hijau juga mengandung tinggi oksalat yang bisa menurunkan penyerapan kalsium. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengonsumsi sumber kalsium yang lain.

·        Makanan laut

Makanan laut seperti ikan salmon, tongkol dan sarden mengandung banyak kalsium. Selain kalsium, jenis ikan tersebut juga kaya akan protein dan asam lemak omega 3 yang bagus bagi kesehatan tubuh.

·        Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kedelai, kacang tanah, kacang almond, biji wijen, dan biji chia juga mengandung banyak kalsium. Makanan olahan dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga mengandung kalsium. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung protein, serat, zat besi, zink, folat, potasium dan magnesium yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kurang Gizi Pada Orang Dewasa dan Lansia

Buah yang mengandung kalsium

Sumber kalsium lainnya adalah buah yang mengandung kalsium tinggi, yaitu:

·        Jeruk

Jeruk terkenal mengandung tinggi vitamin C. Ternyata, selain banyak mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung tinggi kalsium. Dalam 100 gram jeruk  mengandung kalsium sebanyak 40 mg.

·        Kiwi

Dalam 100 gram kiwi mengandung 34 mg kalsium.

·        Jambu biji

Jambu biji mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kalsium yang terkandung dalam jambu biji seberat 100 gram adalah 18 mg. Selain kalsium, jambu biji juga mengandung vitamin C, antioksidan, likopen, dan asam folat.

·        Pepaya

Pepaya dikenal sebagai buah yang melancarkan pencernaan. Ternyata, pepaya juga mengandung kalsium. Pepaya seberat 100 gram mengandung 20 mg kalsium.

Yoghurt

Yoghurt adalah sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Dalam 250 gram yoghurt, terkandung sekitar 260 mg kalsium. Yoghurt rendah lemak umumnya mengandung kalsium yang lebih tinggi.

Selain menjadi sumber kalsium, yoghurt juga kaya akan probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat meningkatkan imun tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Keju

Keju adalah makanan olahan dari susu yang banyak mengandung kalsium. Ada banyak jenis keju yang beredar di pasaran, hampir semua jenis keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Jenis keju yang paling banyak mengandung kalsium adalah keju parmesan. Keju parmesan seberat 28 gram mengandung 242 mg kalsium.

Tubuh lebih mudah menyerap kalsium yang berasal dari susu dan produk olahannya dibandingkan dari tumbuhan. Keju juga rendah laktosa sehingga lebih mudah dicerna.

Susu

Susu adalah sumber kalsium yang terbaik. Satu gelas susu sapi mengandung 306 – 325 mg kalsium. Sedangkan satu gelas susu kambing mengandung kalsium sebanyak 327 mg. Kalsium yang berasal dari susu lebih mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi susu kalsium tinggi untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Baca Juga: Susu Kalsium Tinggi Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh!

Cara Memilih Susu Kalsium Tinggi

Susu adalah sumber kalsium yang mudah diserap oleh tubuh. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi sembarang susu. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih susu kalsium tinggi untuk orang tua:

1.   Ketahui Kadar Kalsiumnya

Kebutuhan kalsium pada lansia meningkat karena faktor usia. Oleh karena itu, ketika memilih susu kalsium tinggi Anda harus mengecek kadar kalsiumnya. Bacalah persentase Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang tertera pada label di kemasannya.

2.   Mengandung Vitamin D

Vitamin D diperlukan dalam penyerapan kalsium di usus. Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dari susu, sebaiknya pilih susu yang juga mengandung vitamin D. Vitamin D tidak hanya berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium tetapi juga menguatkan daya tahan tubuh.

3.   Rendah Lemak Jenuh

Kecepatan metabolisme lansia menurun, sehingga konsumsi lemak sebaiknya dikurangi, terutama lemak jenuh. Mengonsumsi lemak jenuh terlalu banyak dapat meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dalam memilih susu, pilihlah yang tidak mengandung lemak jenuh.

Baca Juga: Kenapa Susu Mengandung Kalsium Tinggi? 

4.   Nyaman di Perut

Pada orang lanjut usia fungsi pencernaannya menurun sehingga tidak boleh mengonsumsi sembarang susu. Anda bisa memilih susu yang mengandung serat untuk melancarkan pencernaan, serta rendah laktosa sehingga nyaman di perut.

5.   Mengandung Nutrisi yang Lengkap dan Seimbang

Lansia kerap mengalami gangguan nafsu makan sehingga asupan nutrisinya tidak mencukupi kebutuhan. Mengonsumsi susu dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang bisa membantu nutrisi yang dibutuhkan. Pilihlah susu yang mengandung protein, vitamin, mineral, serat, dan lemak baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih susu kalsium tinggi. Abbott Ensure adalah susu kalsium tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Selain mengandung kalsium, ensure juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Ensure juga dilengkapi dengan kandungan 14 vitamin, 9 mineral, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, serta formula Triple Protein gabungan whey, kasein, dan soya. Kandungan serat pangan FOS dan rendah laktosa membuat ensure nyaman di perut saat dikonsumsi.

Ensure tersedia dalam dua rasa yang lezat, yaitu Ensure cokelat dan Ensure vanilla. Konsumsi Ensure dua kali sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.