Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh Para Lansia Secara Efektif? Simak Beberapa Tipsnya!

2554x Dibaca
Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Tubuh Lansia - Ensure Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Tubuh Lansia - Ensure

Perbesar Huruf :

Usia yang terus bertambah seiring berjalannya waktu membuat sistem pada tubuh mengalami perubahan, salah satunya seperti saluran pencernaan dan proses penyerapan nutrisi yang melambat. Hal ini memicu berbagai gangguan seperti sembelit, kekurangan nutrisi atau malabsorpsi pada lansia baik wanita maupun pria.

Khusus untuk sembelit yang dialami oleh orang lanjut usia ada beberapa penyebabnya, seperti diet rendah serat dan gaya hidup tidak aktif. 

Perlu diketahui, kebutuhan serat harian antara wanita dan pria berbeda.  Kebutuhan serat harian wanita 50 tahun ke atas sekitar 21 gram per hari. Sementara kebutuhan serat harian pada pria di atas 50 tahun disarankan untuk memperoleh 30 gram serat per hari. 

Mengapa Para Lansia Tetap Memerlukan Serat pada Menu Hariannya?

Meski sudah lanjut usia bukan berarti serat dihilangkan dalam menu harian. Pasalnya, serat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, strok, dan diabetes

2. Mengurangi kadar kolesterol jahat

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Dua Jenis Serat

Ada dua jenis serat yang diperlukan yaitu serat larut dan serat yang tidak larut. Serat larut memperlambat pencernaan, sehingga tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk menyerap glukosa (gula) dari makanan yang dikonsumsi. Serat larut membantu menghindari kadar gula darah melonjak naik. Serat larut juga membantu menurunkan kolesterol jahat. Serat larut bisa diperoleh dari makanan seperti buah, sayur, oat, kacang-kacangan, dan nasi. 

Serat yang tidak larut membantu melancarkan buang air besar dan membuat feses jadi mudah dikeluarkan. Serat tidak larut bisa diperoleh dari roti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, beras, dan serealia.