Bagaimana Cara Memaksimalkan Penyerapan Makanan dan Susu Protein Tinggi? Berikut Penjelasannya!

4019x Dibaca
Cara Memaksimalkan Penyerapan Makanan dan Susu Protein Tinggi? Cara Memaksimalkan Penyerapan Makanan dan Susu Protein Tinggi?

Perbesar Huruf :

Salah satu nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh manusia adalah protein. Faktanya, nama protein itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu proteos yang berarti ‘primary’. Dengan kata lain, protein merupakan asupan prioritas yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.  Hal ini bisa dibuktikan dari beberapa bagian tubuh yang sebagian besar didukung oleh kadar protein, seperti otot, rambut, mata, hormon, dan enzim.

Lebih dari itu, protein juga berperan untuk mendukung pemulihan jaringan dalam tubuh. Tentu saja, kebutuhan protein bisa terpenuhi dengan asupan makanan yang kaya akan zat tersebut. Daging, ikan, dan telur, misalnya, mengandung protein yang tinggi. Selain itu, susu protein tinggi juga patut untuk dikonsumsi untuk menunjang kebutuhan kalori harian Anda.

Namun, apakah Anda tau asupan-asupan yang kaya akan protein? Ternyata, memilih asupan protein yang tepat dapat membantu efektivitas penyerapannya, lho. Lantas, bagaimana cara tubuh menyerap dan mencerna protein? Lalu, bagaimana cara memaksimalkan penyerapan makanan dan susu protein tinggi sehingga nutrisi untuk daya tahan tubuh dapat senantiasa terjaga? Baca artikel ini lebih lanjut, ya!

 

Mendapatkan Asupan Protein Bagi Tubuh

Selain daging, ikan, dan telur, makanan serta minuman di bawah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk juga asam amino dalam protein.

        Almond

Kacang almond mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Kendati demikian, perlu diingat bahwa almond tidak direkomendasikan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

        Dada Ayam

Tanpa kulit, dada ayam mengandung kadar protein yang tinggi, yaitu sekitar 75%.

        Gandum

Terdapat serat sehat, magnesium, mangan, tiamina atau vitamin B yang berperan dalam metabolisme karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya dalam gandum.

        Keju Lembut

Beda dengan keju biasa, cheese cottage atau keju lembut sarat akan fosfor, kalsium, vitamin B2, vitamin B12, dan kandungan bergizi lainnya.

        Yoghurt Saring

Yoghurt saring biasa disebut juga sebagai Greek Yoghurt. Minuman ini memiliki fosfor, kalsium tinggi, selenium, riboflavin, dan vitamin B12.

        Brokoli

Vitamin C, vitamin K, serat, kalium, dan nutrisi bioaktif terkandung dalam brokoli. Bahkan, brokoli dianggap sebagai sayuran dengan kandungan protein tertinggi dibanding sayuran lainnya.

        Roti Ezekiel

Roti ezekiel mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan organik. Di dalamnya juga terdapat gandum, kedelai, serta lentil. Dengan demikian, roti ezekiel mengandung protein dan serat yang tinggi.

        Susu

Susu dianggap sebagai minuman yang mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, minuman ini juga mengandung fosfor, kalsium, dan vitamin B2.