5 Buah yang Baik untuk Jantung para Orang Lansia

5 Buah yang Baik untuk Jantung para Orang Lansia - Ensure 5 Buah yang Baik untuk Jantung para Orang Lansia - Ensure

Perbesar Huruf :

Meski pengidap sakit jantung juga dialami anak muda, namun hingga saat ini orang tua menjadi salah satu  kelompok yang cukup banyak mengalami penyakit ini. Memiliki orang tua yang usianya di atas 50 tahun  perlu lebih berhati-hati. Pasalnya di usia-usia tersebut rentan mengalami sakit jantung.  

Penyakit jantung mengacu terhadap beberapa jenis kondisi jantung. Namun yang paling umum terjadi  salah satunya penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi saat pembuluh darah arteri sebagai pemasok  darah ke jantung mengalami penyumbatan oleh plak yang mengandung kolesterol dan zat berbahaya  lainnya. Kondisi ini membuat suplai darah berkurang dan jantung jadi lebih sedikit menerima nutrisi dan  oksigen.  

Faktor Penyebab Sakit Jantung 

Biasanya penyebab sakit jantung dipengaruhi dari gaya hidup yang buruk dan penyakit yang menyertainya  seperti:  

1. Kadar kolesterol jahat yang tinggi (mencapai 240 mg/dL atau lebih). Biasanya karena terlalu  banyak mengonsumsi makanan penyebab kolestrol seperti makanan yang digoreng dengan  minyak sawit, makanan cepat saji, steak, jeroan, dan makanan laut 

2. Kebiasaan merokok

3. Stres berlebih 

4. Berat badan berlebih

5. Tekanan darah tinggi dan diabetes melitus yang diderita sebelumnya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumsi buah yang baik untuk jantung. Kira-kira apa saja ya buah-buahan tersebut? Yuk simak informasinya berikut ini. 

1. Alpukat

Buah berwarna hijau ini mengandung lemak baik yang berperan dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Ada juga efek anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan. Selain dimakan utuh, dagingnya juga bisa Anda jadikan sebagai pengganti mentega saat ingin menyantap roti panggang atau sebagai salah satu bahan untuk membuat salad.

2. Pisang

Anda suka mengonsumsi pisang? Selamat makanan sehat yang satu ini ternyata termasuk dalam kelompok buah yang baik untuk jantung, lho. Mengonsumsi pisang akan membuat Anda memperoleh kalium, magnesium, dan serat. Ketiganya termasuk nutrisi yang mampu menjaga tekanan darah tetap stabil dan menurunkan kolesterol jahat. Ada juga vitamin B6 dan C yang bagus untuk melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Agar Tetap Sehat di Usia Tua

3. Buah Berry

Buah yang baik untuk jantung selanjutnya yaitu buah beri seperti raspberry, blackberry, stroberi, dan blueberry. Buah-buahan ini mengandung antioksidan dan serat di dalamnya. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak organ tubuh seperti jantung. Sementara serat mampu menjaga berat badan, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi risiko sakit jantung. 

4. Apel

Apel juga menjadi buah yang baik untuk jantung. Buah satu ini memiliki kandungan serat larut dan flavonoid yang baik untuk Anda. Serat larut berperan dalam menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Sedangkan flavonoid mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. 

5. Jeruk

Jeruk di pasaran memiliki banyak jenis. Namun yang pasti, buah kaya air ini memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Di dalam jeruk terdapat flavonoid yang merupakan antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Salah satu fungsinya untuk menangkal risiko terkena aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri). Ada juga kandungan kalium yang dapat membuang kolesterol jahat dalam darah dan mengurangi risiko terjadinya detak jantung yang tidak normal. 

Itu tadi 5 buah yang baik untuk jantung. Selain mengonsumsi buah-buahan, demi menjaga jantung lebih sehat juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain seperti ikan tuna dan salmon. Dua ikan ini kaya omega 3 dan 6 yang dipercaya juga bagus untuk jantung. 

Selain dari makanan, Anda juga bisa menambahkan susu demi menjaga daya tahan tubuh seperti Ensure. Susu orang dewasa ini bisa dikonsumsi dua kali sehari. Dalam segelas susu Ensure kamu bisa memperoleh perpaduan kandungan yang baik bagi otot dan tulangmu seperti Triple Protein (protein whey, kasein dan soya) yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tak hanya itu, ada juga omega 3 & 6 yang sudah dikenal baik untuk jantung. Susu Abbott Ensure juga melengkapi kandungannya dengan kalsium dan vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang, sumber serat pangan serta 14 vitamin dan 9 mineral.

Sebagai tambahan, dukung juga kesehatan jantung Anda dengan melakukan olahraga rutin minimal 30 menit per hari-hari dan mengonsumsi makanan yang bergizi lainnya, ya. 

Baca juga: Tetap Aktif dengan Senam untuk Jantung Sehat dan Otot yang Kuat Berikut Ini!