Cari Asupan yang Mengandung Protein Tinggi? Cek di Sini!

989x Dibaca
Asupan yang Mengandung Protein Tinggi? Cek di Sini! Asupan yang Mengandung Protein Tinggi? Cek di Sini!

Perbesar Huruf :

Salah satu makronutrien yang perlu ada dalam menu makanan kita setiap hari adalah protein. Saking pentingnya protein, memastikan jumlah asupannya terpenuhi setiap hari adalah sebuah keharusan.

Pada dasarnya, asupan protein dapat dipenuhi melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, seperti susu, dada ayam, atau kacang kedelai.

Dada ayam dikenal sebagai sumber protein hewani, sedangkan kacang kedelai merupakan sumber protein nabati. Sejalan dengan keduanya, susu mengandung protein yang juga memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Bahkan, sejumlah merek menyediakan susu protein tinggi yang ditujukan untuk tujuan tertentu, misalnya pembentukan otot. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai susu yang mengandung protein tinggi, yuk simak informasi berikut ini!

Apa Itu Protein dan Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

Protein adalah senyawa yang punya peran penting untuk menjaga kesehatan dan memastikan tubuh bekerja dengan baik. Protein berpengaruh pada semua organ tubuh, otot, dan jaringan.

Tidak hanya itu, protein juga merupakan bagian penting dalam pembentukan energi tubuh. Manfaat lain protein adalah untuk membentuk antibodi yang melawan infeksi dan penyakit serta menjaga kesehatan setiap sel tubuh.

9 Sumber Asupan Protein Tinggi

Protein dapat diperoleh dari lauk pauk yang kita konsumsi setiap hari. Apa saja makanan yang mengandung protein tinggi? Berikut daftarnya.

1. Daging Sapi

Daging sapi, terutama yang tanpa lemak, merupakan sumber pangan kaya protein. Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak mengandung sekitar 17,5 gram protein. Jumlah ini memenuhi sekitar 30 persen kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh lansia setiap harinya.

 

Selain jumlah protein yang besar, kualitas protein pada daging sapi sangat tinggi. Protein dalam daging sapi mengandung seluruh 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan memelihara tubuh.

2. Daging Ayam

Daging ayam, terutama bagian dada adalah pilihan tepat jika Anda ingin mendapatkan asupan protein yang cukup. Dalam 100 gram daging ayam, Anda dapat memperoleh jumlah protein sebesar 18,2 gram. Ini berarti konsumsi 100 gram daging ayam dapat memenuhi 28 persen kebutuhan protein harian lansia.

 

Daging ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna. Protein yang bersumber dari hewan dikategorikan sebagai protein berkualitas tinggi karena mengandung asam amino esensial yang mudah diserap oleh tubuh.

3. Ikan dan Seafood

Ikan dan makanan laut seperti kerang-kerangan adalah sumber protein yang baik. Semua jenis ikan bahkan mengandung protein tinggi. Ikan cakalang, misalnya mengandung 19,6 gram protein dalam setiap 100 gram daging ikan segar. Sedangkan 100 gram ikan gabus mengandung sekitar 16,2 gram protein.

 

Makanan laut termasuk udang, kerang, dan tiram juga merupakan sumber protein yang dapat Anda pilih. Bahkan, 100 gram udang mengandung 21 gram protein.

 

Selain jumlah yang tinggi, protein dalam ikan dan makanan laut memiliki kualitas tinggi. Kualitas ini didapatkan oleh kandungan asam amino esensial dan bagaimana protein mudah dicerna tubuh untuk segala usia.

4. Susu Mengandung Protein

Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dalam keadaan segar jumlah proteinnya sedikit. Kualitas tinggi protein susu disebabkan kandungan 9 asam amino esensial. Selain itu, jenis protein dalam susu yaitu whey dan kasein juga berkualitas tinggi karena mudah dicerna tubuh. Hanya saja kandungan protein dalam 100 gram susu sapi segar hanya sekitar 3,2 gram. 

 

Namun, saat ini banyak merk susu memiliki jumlah protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Artinya selain susu sapi, sejumlah merek susu mengandung protein yang hadir di pasaran bisa Anda konsumsi secara rutin.

 

Menariknya lagi, sejumlah merek atau jenis susu protein tinggi juga hadir di pasaran bagi mereka yang memiliki kebutuhan tertentu, seperti membentuk otot tubuh.

 

Baca Juga: Ensure, Merk Susu Yang Mengandung Protein Tinggi Untuk Menjaga Otot

 

5. Telur

Telur adalah makanan sumber protein yang mudah ditemui dengan harga terjangkau. Telur merupakan sumber protein yang baik karena terdapat 12, 4 gram protein dalam 100 gram telur.

 

Tidak hanya itu, kualitas protein dalam telur pun termasuk tinggi. Ini karena  protein dalam telur mengandung 9 asam amino esensial.