Cari Asupan yang Mengandung Protein Tinggi? Cek di Sini!

1777x Dibaca
Asupan yang Mengandung Protein Tinggi? Cek di Sini! Asupan yang Mengandung Protein Tinggi? Cek di Sini!

Perbesar Huruf :

Salah satu makronutrien yang perlu ada dalam menu makanan kita setiap hari adalah protein. Saking pentingnya protein, memastikan jumlah asupannya terpenuhi setiap hari adalah sebuah keharusan.

Pada dasarnya, asupan protein dapat dipenuhi melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, seperti susu, dada ayam, atau kacang kedelai.

Dada ayam dikenal sebagai sumber protein hewani, sedangkan kacang kedelai merupakan sumber protein nabati. Sejalan dengan keduanya, susu mengandung protein yang juga memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Bahkan, sejumlah merek menyediakan susu protein tinggi yang ditujukan untuk tujuan tertentu, misalnya pembentukan otot. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai susu yang mengandung protein tinggi, yuk simak informasi berikut ini!

Apa Itu Protein dan Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

Protein adalah senyawa yang punya peran penting untuk menjaga kesehatan dan memastikan tubuh bekerja dengan baik. Protein berpengaruh pada semua organ tubuh, otot, dan jaringan.

Tidak hanya itu, protein juga merupakan bagian penting dalam pembentukan energi tubuh. Manfaat lain protein adalah untuk membentuk antibodi yang melawan infeksi dan penyakit serta menjaga kesehatan setiap sel tubuh.

9 Sumber Asupan Protein Tinggi

Protein dapat diperoleh dari lauk pauk yang kita konsumsi setiap hari. Apa saja makanan yang mengandung protein tinggi? Berikut daftarnya.

1. Daging Sapi

Daging sapi, terutama yang tanpa lemak, merupakan sumber pangan kaya protein. Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak mengandung sekitar 17,5 gram protein. Jumlah ini memenuhi sekitar 30 persen kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh lansia setiap harinya.

 

Selain jumlah protein yang besar, kualitas protein pada daging sapi sangat tinggi. Protein dalam daging sapi mengandung seluruh 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan memelihara tubuh.

2. Daging Ayam

Daging ayam, terutama bagian dada adalah pilihan tepat jika Anda ingin mendapatkan asupan protein yang cukup. Dalam 100 gram daging ayam, Anda dapat memperoleh jumlah protein sebesar 18,2 gram. Ini berarti konsumsi 100 gram daging ayam dapat memenuhi 28 persen kebutuhan protein harian lansia.

 

Daging ayam merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna. Protein yang bersumber dari hewan dikategorikan sebagai protein berkualitas tinggi karena mengandung asam amino esensial yang mudah diserap oleh tubuh.

3. Ikan dan Seafood

Ikan dan makanan laut seperti kerang-kerangan adalah sumber protein yang baik. Semua jenis ikan bahkan mengandung protein tinggi. Ikan cakalang, misalnya mengandung 19,6 gram protein dalam setiap 100 gram daging ikan segar. Sedangkan 100 gram ikan gabus mengandung sekitar 16,2 gram protein.

 

Makanan laut termasuk udang, kerang, dan tiram juga merupakan sumber protein yang dapat Anda pilih. Bahkan, 100 gram udang mengandung 21 gram protein.

 

Selain jumlah yang tinggi, protein dalam ikan dan makanan laut memiliki kualitas tinggi. Kualitas ini didapatkan oleh kandungan asam amino esensial dan bagaimana protein mudah dicerna tubuh untuk segala usia.

4. Susu Mengandung Protein

Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dalam keadaan segar jumlah proteinnya sedikit. Kualitas tinggi protein susu disebabkan kandungan 9 asam amino esensial. Selain itu, jenis protein dalam susu yaitu whey dan kasein juga berkualitas tinggi karena mudah dicerna tubuh. Hanya saja kandungan protein dalam 100 gram susu sapi segar hanya sekitar 3,2 gram. 

 

Namun, saat ini banyak merk susu memiliki jumlah protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Artinya selain susu sapi, sejumlah merek susu mengandung protein yang hadir di pasaran bisa Anda konsumsi secara rutin.

 

Menariknya lagi, sejumlah merek atau jenis susu protein tinggi juga hadir di pasaran bagi mereka yang memiliki kebutuhan tertentu, seperti membentuk otot tubuh.

 

Baca Juga: Ensure, Merk Susu Yang Mengandung Protein Tinggi Untuk Menjaga Otot

 

5. Telur

Telur adalah makanan sumber protein yang mudah ditemui dengan harga terjangkau. Telur merupakan sumber protein yang baik karena terdapat 12, 4 gram protein dalam 100 gram telur.

 

Tidak hanya itu, kualitas protein dalam telur pun termasuk tinggi. Ini karena  protein dalam telur mengandung 9 asam amino esensial.

6. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe termasuk dalam makanan sumber protein baik. Meski begitu, jumlah protein dalam tempe lebih besar dibandingkan tahu. 100 gram tempe mengandung sekitar 20, 8 gram protein. Sedangkan, 100 gram tahu mengandung 10,9 gram protein.

 

Kualitas protein dari tahu dan tempe masuk dalam kategori tinggi. Sebabnya, tahu dan tempe dibuat dari kacang kedelai yang mengandung asam amino esensial.

7. Keju

Keju merupakan makanan olahan susu yang menjadi sumber protein hewani. 100 gram keju mengandung sekitar 22,8 gram protein.

 

Kualitas proteinnya pun termasuk tinggi karena mengandung 9 asam amino esensial. Kandungan histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine membuat keju dikenal sebagai sumber protein yang komplit.

8. Kacang Almond

Saat Anda mencari alternatif sumber protein dari bahan nabati, kacang almond dapat menjadi pilihan tepat. Ini karena dalam 100 gram kacang almond, Anda bisa mendapatkan 21,15 gram protein.

 

Kacang almond merupakan pangan dengan protein berkualitas rendah karena termasuk yang sulit dicerna tubuh.  Meski begitu, kita juga perlu protein nabati seperti kacang almond karena proporsi lemak tidak jenuhnya lebih banyak dibanding protein dari sumber hewani.

9. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan sumber protein yang tinggi. Dalam 100 gram kacang tanah terdapat 29,5 gram protein.

 

Sebagai sumber protein dari bahan nabati atau tumbuhan, kualitas protein kacang termasuk kategori rendah karena tidak mengandung asam amino esensial. Hal ini membuat protein kacang tanah termasuk yang kurang mudah diserap tubuh.

Asupan Tambahan Protein Berkualitas Tinggi

Salah satu pilihan asupan tambahan protein tinggi adalah Ensure. Abbott Ensure mengandung formula triple protein, yaitu whey, kasein, dan soya.

Formulasi itu membuat Ensure menjadi sumber protein dengan jumlah dan kualitas yang baik bagi Anda. Pasalnya, formulasi Ensure membuat tubuh lebih cepat menyerap kandungan protein, sekaligus mendapatkan semua manfaat dari protein hewani maupun nabati.

Tak hanya protein, Ensure juga mengandung omega 3, omega 6, 14 vitamin dan 9 mineral yang mendukung daya tahan tubuh. Dengan kandungan rendah laktosa, Ensure aman untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Untuk mendapatkan semua kebaikannya, cukup minum Ensure 2 kali sehari. Ensure bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Anda juga bisa memilih mengonsumsi Ensure rasa coklat atau vanila.

Anda hanya perlu menambahkan 5 sendok takar Ensure ke 200 ml air matang, lalu aduk secara rata, maka asupan tambahan protein harian siap Anda minum.

Baik daging ayam, kacang almond, atau susu mengandung protein yang sama-sama baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Idealnya, Anda mengonsumsi semua sumber makanan tersebut di atas secara bergantian, konsisten, dan rutin. Karena dengan begitu, sumber pangan tersebut bisa saling melengkapi kebutuhan protein dan nutrisi Anda.

 

 

 

SOURCE:

Sapi, daging, gemuk, segar (Beef, high fat, fresh) - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Beef 101: Nutrition Facts and Health Effects - Healthline. Retrieved 13 June 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/foods/beef

Ayam, daging, segar (Chicken, meat, fresh) - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Quality of Chicken Meat - IntechOpen Limited. Retrieved 13 June 2022, from https://www.intechopen.com/chapters/58486

Role of poultry meat in a balanced diet aimed at maintaining health and wellbeing: an Italian consensus document - US National Library of Medicine. Retrieved 13 June 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4462824/

16 Delicious High Protein Foods - Healthline. Retrieved 13 June 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/foods/beef

Ikan cakalang, segar (Scipjack tuna, fresh) - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Ikan gabus, segar (Asian snakehead, fresh) - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Udang, segar (Shrimp, fresh) - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Fish Protein - ScienceDirect. Retrieved 13 June 2022, from https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/fish-protein

Health-Related Aspects of Milk Proteins - US National Library of Medicine. Retrieved 13 June 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5149046/

Milk nutritional composition and its role in human health - US National Library of Medicine. Retrieved 13 June 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24800664/

Susu sapi, segar - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Telur ayam ras, segar (Domestic chicken, egg, fresh) - Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 13 June 2022, from https://www.panganku.org/id-ID/view

How Much Protein in an Egg? - Healthline. Retrieved 13 June 2022, from https://www.healthline.com/nutrition/protein-in-egg