Panduan Lengkap untuk Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Bagi Lansia

Panduan Lengkap untuk Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Bagi Lansia Panduan Lengkap untuk Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Bagi Lansia

Perbesar Huruf :

Masih banyak di antara kita yang belum memahami pentingnya memenuhi kebutuhan serat harian. Padahal, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menyatakan adanya standar Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan, dan hal ini meliputi asupan serat harian. Berikut adalah kebutuhan gizi minimal yang perlu Anda penuhi setiap harinya.

Pria

30-49 tahun: 36 gram

50-64 tahun: 30 gram

65-80 tahun: 25 gram

80+ tahun: 22 gram

Wanita

30-49 tahun: 30 gram

50-64 tahun: 25 gram

65-80 tahun: 22 gram

80+ tahun: 20 gram

Tapi, mengapa sebenarnya kita perlu memenuhi kebutuhan serat harian ini, ya? Apakah manfaatnya begitu signifikan bagi kesehatan tubuh manusia? Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Serat Secara Menyeluruh

Serat pangan atau dietary fibers merupakan bagian dari makanan yang sebenarnya tidak dapat diserap oleh tubuh manusia. Kandungan ini merupakan salah satu jenis karbohidrat yang akan melewati pencernaan dan terbuang bersama feses.

Terdengar sangat tidak berguna, bukan?

Namun, hilangkan prasangka buruk Anda terhadap kandungan ini karena serat memiliki manfaat yang sangat banyak ketika melewati pencernaan. Berikut adalah berbagai manfaat yang muncul saat serat terbuang dari tubuh!

Serat merupakan karbohidrat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, karbohidrat yang satu ini lama untuk diproses oleh tubuh manusia, sehingga aman, bahkan sangat  baik, untuk dikonsumsi para pengidap diabetes.

Kolesterol terbuang bersamaan dengan serat, sehingga akan mengurangi risiko serangan jantung, hipertensi, stroke, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Feses menjadi padat karena adanya serat. Nantinya, pencernaan jadi lancar. Serat ini sangat cocok bagi kita yang mengalami masalah pencernaan, seperti diare atau BAB yang cair.

Mengonsumsi serat dapat menjaga pencernaan dalam berbagai cara. Selain melancarkan BAB, serat terbukti dapat menjadi makanan bagi probiotik (bakteri baik yang menjaga kesehatan perut). Lalu, serat pun dipercaya dapat menurunkan risiko kanker. Tentu hal ini sangat hebat!

Dua Jenis Serat yang Perlu Dikenal

Sebenarnya, serat terdiri dari dua jenis kandungan yang berbeda: serat larut (soluble) dan serat tidak larut (insoluble). Lantas, apa bedanya, ya?

Keduanya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda, yakni menjaga kesehatan pencernaan Anda. Namun, masing-masing jenis serat di atas bekerja dengan cara yang berbeda antara satu dan lainnya.

Pertama, serat larut, merupakan jenis serat yang berubah menjadi jel dan larut di air. Alhasil, kandungan ini dapat melembutkan feses ketika Anda BAB. Bukan hanya itu saja, nantinya, Anda pun turut menurunkan gula darah serta kadar kolesterol jika memenuhi kebutuhan serat harian.

Serat tidak larut memiliki fungsi yang berbeda lagi. Sesuai namanya, serat ini tidak larut dalam air dan akan langsung dibuang begitu saja nantinya. Eits, tapi jangan khawatir, ketika dibuang, serat ini akan memperlancar pencernaan dan BAB, sehingga sangat cocok bagi yang sedang mengalami masalah konstipasi. Menarik, bukan?

FOS: Jenis Serat Penuh Manfaat

Abbott Laboratories merancang Ensure agar mudah untuk dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, kami melibatkan FOS sebagai salah satu kandungan utama produk Ensure. Tapi, apa, sih, FOS itu sendiri?

FOS adalah singkatan dari fructooligosaccharides yang merupakan serat larut yang dikenal akan manfaatnya. FOS sendiri sebenarnya adalah prebiotik yang baik. Jika Anda tidak tahu apa itu prebiotik, senyawa ini merupakan makanan dari probiotik atau mikroba yang hidup di pencernaan kita. Mikroba tersebut secara aktif menyeimbangkan pencernaan dengan melawan bakteri-bakteri jahat,

Bukan hanya itu saja! FOS yang dapat Anda temui pada buah pisang ini juga memiliki manfaat lainnya. Beberapa di antaranya adalah kemampuannya menurunkan kolesterol, melawan bakteri-bakteri jahat, menurunkan gula darah, dan tidak mengganggu pertumbuhan sel pertumbuhan.

Makanan-Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Serat Harian

Mari penuhi kebutuhan serat harian tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi di setiap jam makan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini!

        Pisang

        Bawang merah

        Bawang putih

        Bawang perai

        Asparagus

        Akar chicory

        Gandum

Beberapa jenis makanan di atas mudah ditemui dan tentunya bisa dikonsumsi kapan saja. Namun, untuk jenis-jenis makanan yang baru Anda dengar, tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang kandungan dan manfaat lain yang dimilikinya, lalu memasukkannya ke daftar bahan-bahan makanan saat memasak hari ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang baru!

Kenapa Lansia Butuh Serat?

Bukan tanpa alasan kami memberikan informasi seputar memenuhi kebutuhan serat harian ini. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, usia Anda yang bertambah akan mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Memang, pelambatan terjadi pada berbagai organ tubuh. Namun, mengonsumsi serat dapat membantu Anda menjaga pencernaan, meningkatkan pengalaman kuliner Anda, dan bahkan membantu Anda menerima nutrisi secara lebih baik.

Risiko-risiko yang berhubungan dengan pencernaan yang muncul di masa tua, termasuk:

        Heartburn atau asam lambung naik;

        Tukak lambung (maag)

        Konstipasi;

        Buang angin terus-menerus;

        GERD (gastroesophageal reflux disease);

        Sakit perut;

        dan masih banyak lagi

Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Tapi, selagi melakukannya, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat, lengkap, dan seimbang. Adapun beberapa kandungan yang perlu diperhatikan, yakni protein, karbohidrat, serta berbagai vitamin dan mineral. Pasalnya, untuk memperoleh manfaat yang optimal, asupan nutrisi di atas harus terpenuhi secara bersamaan.

Bila dirasa perlu, Anda juga bisa, loh, mengonsumsi Abbott Ensure setiap hari. Asupan nutrisi dari Abbott Laboratories ini dirancang dengan formula Triple Protein yang merupakan kombinasi dari Whey, Kasein, dan juga Soya. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda, sehingga ketika digabung, manfaat yang Anda rasakan dapat menjadi optimal.

Kemudian, Abbott Ensure juga dirancang dengan kandungan 14 Vitamin dan 9 Mineral untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh; tinggi serat pangan (termasuk FOS) demi menjaga pencernaan; Omega 3 dan Omega 6 (untuk menjaga fungsi otak); dan juga rendah laktosa serta dengan varian rasa yang nikmat (vanila dan coklat), sehingga aman dan lezat untuk dikonsumsi setiap hari.

Dapatkan Abbott Ensure yang tersedia dalam varian ukuran 150 gram, 400 gram, dan juga 900 gram di berbagai merchant terdekat di wilayah Anda. Namun, perlu dipahami kalau varian 150 gram hanya tersedia untuk Ensure rasa vanila. Lalu, jangan lupa untuk menjadi konsumen yang bijak dengan membaca label sebelum membeli serta mengunjungi situs resmi Ensure untuk informasi lebih lanjut seputar produk-produk kami, cara menjaga kesehatan, atau bahkan informasi-informasi lainnya terkait cara memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Ensure merupakan brand nutrisi Dewasa No. 11 di dunia dan produk nutrisi yang paling telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sepanjang sehari-hari!

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

 

 


Sumber:

Fiber | The Nutrition Source | Harvard T.H. Chan School of Public Health

22 High-Fiber Foods You Should Eat

Top 20 Foods High in Soluble Fiber

Soluble vs. Insoluble Fiber: What’s the Difference?

Dietary fiber: Essential for a healthy diet - Mayo Clinic

9 Health Benefits of Eating Whole Grains

Wheat 101: Nutrition Facts and Health Effects

18 Health Benefits of Whole Grains | Health.com

The 14 Healthiest Vegetables on Earth