Rekomendasi Menu Makanan untuk Orang Tua

1022x Dibaca
Rekomendasi Menu Makanan untuk Orang Tua Yang Sehat! Rekomendasi Menu Makanan untuk Orang Tua Yang Sehat!

Perbesar Huruf :

 

Lansia merupakan kelompok usia yang memerlukan banyak perhatian dalam hal asupan nutrisi. Karenanya menjaga asupan nutrisi pada makanan orang tua menjadi hal yang sangat penting.

Alasannya, lansia membutuhkan asupan nutrisi harian yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh maupun memberikan energi beraktivitas seharian.

Namun, perubahan tubuh yang seiring dengan bertambahnya usia membuat perubahan pada sistem pencernaan, hormon, maupun selera. Ditambah lagi, jika lansia mengalami kondisi medis atau mengonsumsi obat-obatan tertentu yang membuatnya kehilangan selera makan.

Padahal, jika kehilangan selera makan, kemungkinan nutrisi untuk tubuh tidak terpenuhi hingga malnutrisi dan juga menyebabkan penurunan berat badan.

Panduan Pola Makan Lansia

Untuk itu, memilih makanan yang cocok untuk orang tua harus benar-benar memperhatikan kesesuaian dan kandungan yang dibutuhkan lansia. Demi memudahkan Anda, berikut panduan pola makan lansia yang bisa diterapkan.

1. Fokus Pada Gizi Seimbang

Saat menyajikan menu makanan untuk orang tua, Anda perlu memastikan sudah memenuhi kriteria gizi seimbang. Komposisi gizi dasar yang harus dipenuhi dalam menu makanan sehat untuk lansia adalah:

 

        Protein, baik hewani maupun nabati

        Serat, vitamin, dan mineral dari sayur dan buah

        Karbohidrat kompleks dari sumber makanan pokok seperti nasi, kentang, atau umbi-umbian

 

2. Batasi Asupan Gula, Garam, dan Lemak

Berbagai jenis kandungan makanan tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, hipertensi, obesitas, dan lain sebagainya. Sayangnya, penyakit kronis tersebut meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Karenanya, batasi asupan gula, garam, dan lemak di setiap makanan orang tua.

 

3. Perhatikan Kebutuhan Kalori

Kebutuhan kalori masing-masing orang berbeda. Walakin, dalam Angka Kecukupan Gizi  Bangsa Indonesia, kecukupan kalori per hari adalah:

 

Laki-laki

        Usia 50-64 tahun: 2150 kkal

        Usia 65-80 tahun: 1800 kkal

        Usia 80 tahun ke atas: 1600 kkal

 

Perempuan

        Usia 50-64 tahun: 1800 kkal

        Usia 65-80 tahun: 1550 kkal

        Usia 80 tahun ke atas: 1400 kkal.