6 Cara Menjaga Kesehatan Lansia Menjelang Idul Fitri Tahun Ini

1739x Dibaca
6 Cara Menjaga Kesehatan Lansia Jelang Idul Fitri Tahun Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Lansia Jelang Idul Fitri Tahun Ini

Perbesar Huruf :

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, hari Idul Fitri selalu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu. Terang saja, lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, supaya dapat merasakan Idul Fitri dengan gembira bersama sanak saudara, kesehatan tubuh perlu dijaga sejak jauh hari. Apalagi bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut. 

 

Terlebih, mengingat pandemi COVID-19, Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat serta senantiasa menjaga kebersihan diri. Berikut ini adalah cara yang dapat diterapkan oleh caretaker dalam menjaga kesehatan lansia guna menyambut lebaran tahun ini.

 

1. Jaga Rutinitas Aktivitas Fisik

Cara menjaga kesehatan lansia yang penting adalah mendorong mereka untuk melakukan rutinitas yang melibatkan aktivitas fisik. Hal ini dianggap mampu mendorong penguatan sistem kekebalan tubuh. 

 

Nyatanya, apabila banyak bergerak, tubuh bisa mencegah peradangan dan infeksi dengan baik. Tidak perlu khawatir, aktivitas fisik yang dimaksud tidak harus terlalu berat, apalagi di waktu puasa. Jogging atau berjalan kaki di sekitar rumah 20-30 menit per hari, misalnya, bisa membantu lansia dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jika masih terasa berat, hal ini bisa dijadwalkan untuk dilakukan menjelang berbuka.

 

2. Perhatikan Kesehatan Mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Bahkan harus diketahui juga, anxiety atau kecemasan serta depresi bisa menghampiri siapa saja tanpa pandang bulu. Maka dari itu, Anda sebagai orang yang hidup berdampingan dengan lansia, perlu mengecek kesehatan mental mereka. Pastikan mereka merasa tenang dengan keadaan sekitar dan antarlah mereka menemui teman-temannya. Apabila diperlukan, ajak dan temani mereka untuk berkonsultasi ke terapis.