7 Tips Memilih Makanan untuk Lansia yang Susah Makan

657x Dibaca
7 Tips Memilih Makanan untuk Lansia yang Susah Makan 7 Tips Memilih Makanan untuk Lansia yang Susah Makan

Perbesar Huruf :

Susah makan adalah salah satu masalah yang kerap dialami lansia. Meski susah makan adalah kondisi keluhan yang umum dialami lansia, tapi ini bukanlah bagian akibat dari penuaan. Sehingga, kita tidak boleh menganggap remeh dan ada sebaiknya jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Proses memberi makanan untuk lansia dapat menjadi hal yang sulit karena didasari penyakit atau konsumsi obat-obatan tertentu. Ketika kehilangan nafsu makan, para lansia cenderung kemudian mengurangi asupan makanannya.

Akibatnya, nutrisi untuk tubuh tidak terpenuhi dan juga menyebabkan penurunan berat badan.  Tak jarang, hal ini kemudian menimbulkan masalah kesehatan lain seperti malnutrisi, terganggunya metabolisme tubuh, dan daya tahan tubuh menurun.

Tips Memilih Makanan untuk Lansia Sulit Makan

Lalu, bagaimana mengatasi lansia yang susah makan? Mari mencoba 7 tips memilih makanan berikut ini:

1. Makanan Padat Nutrisi

Salah satu cara agar memastikan nutrisi harian lansia terpenuhi adalah memberi berbagai menu makanan sehat padat nutrisi.

 

Pemilihan menu makanan sehari-hari untuk lansia penting agar tetap bisa menjaga berat badan ideal, menguatkan otot, dan mendukung metabolisme tubuh. Beberapa jenis makanan yang perlu ada dalam menu makan sehari-hari lansia adalah:

        Protein

        Karbohidrat

        Serat

        Vitamin dan mineral

 

2. Makanan yang Mudah Ditelan

Lansia kerap memiliki masalah gigi dan mulut. Hal ini membuat mereka kesulitan mengunyah dan menelan makanan yang berujung malas makan.

 

Untuk mengatasi hal ini, berikan makanan bertekstur lembut seperti bubur atau sayur berkuah. Saat menyajikan buah, Anda bisa mengolahnya menjadi jus agar lebih mudah ditelan.

 

3. Buat Jadwal Makan Teratur

Mulailah menghitung jumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan lansia. Lalu buat jadwal makan teratur dengan variasi menu berbeda.

 

Dengan pilihan menu yang telah dihitung nilai nutrisinya, Anda bisa membaginya menjadi porsi kecil tapi sering. Pola makanan sehat untuk lansia tadi mampu mencegah kekenyangan dan perut kembung. Tak hanya itu, pembagian porsi kecil tapi sering juga menjaga energi lansia terus baik sepanjang hari.