Bagi Anda yang Lanjut Usia, Kebiasaan Berikut Bisa Jadi Cara Agar Anda Tetap Sehat!

Kebiasaan Berikut Bisa Jadi Cara Tetap Sehat Bagi Lansia - Ensure Kebiasaan Berikut Bisa Jadi Cara Tetap Sehat Bagi Lansia - Ensure

Perbesar Huruf :

Saat memasuki usia lanjut, tubuh Anda jadi mudah lelah dan mengalami berbagai keluhan kesehatan. Bila lansia tidak menjaga kesehatannya dengan baik tentu bisa memicu masalah di kemudian hari. Misalnya bila tubuh kurang aktif bergerak akan membuat otot jadi lemah dan mempengaruhi kekuatan tubuh Anda. 

Selain itu, bila Anda makan dan minum terlalu banyak kalori akan memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, penyesuaian gaya hidup perlu dilakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Tidak ada kata terlambat untuk memulai cara agar tetap sehat bagi lansia. Lebih baik melakukannya sekarang daripada tidak sama sekali, bukan? Anda bisa memulainya dengan mengikuti tips agar tetap sehat berikut ini. 

Pastikan Gizi yang Diperlukan Lansia Terpenuhi

Salah satu cara agar tetap sehat yaitu mengonsumsi makanan bergizi yang diperlukan lansia setiap hari. Beberapa kandungan yang bantu menjaga kesehatan tubuh lansia yaitu: 

- Serat untuk bantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi di antaranya biji-bijian, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum utuh, sereal, buah dan sayuran berwarna hijau dan terang

- Vitamin D dan kalsium demi jaga kesehatan tulang dan otot. Sajikan makanan yang terbuat dari ikan, daging, serta olahan susu dan produk turunannya

- Cukupi kebutuhan vitamin B6, B12, dan folat lewat makanan seperti dada ayam, telur, bayam, timun, kembang kol, brokoli, dan kacang hijau

Tips agar tetap sehat lainnya yaitu dengan minum cairan yang cukup setiap hari. Hindari menunggu haus baru Anda mengonsumsi air mineral. Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng. Sebaiknya sajikan makanan yang diolah dengan cara dipanggang, kukus, atau rebus Hindari makanan dan minuman yang tinggi gula, lemak jenuh, dan garam.

Sebagai tambahan, bila perlu Anda juga bisa rutin minum susu rendah laktosa seperti Ensure untuk bantu memenuhi nutrisi harian demi menjalani hari dengan lebih kuat dan aktif. Susu Ensure mengandung serat prebiotik FOS, Triple Protein atau kombinasi unik protein whey, kasein, dan soya. Dilengkapi juga dengan omega-3 & 6 yang seimbang, 14 vitamin dan 9 mineral demi mendukung hidup sehat, mandiri, dan produktif. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Baca juga: 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Agar Tetap Sehat di Usia Tua

Lakukan Aktivitas Fisik yang Aman dan Disukai

Cara agar tetap sehat selanjutnya yaitu secara berkala melakukan aktivitas fisik yang Anda nikmati dan aman bila dilakukan sendiri maupun bersama keluarga atau teman. 

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan yaitu aerobik yang bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Beberapa rekomendasi latihan aerobik yaitu jalan cepat, jogging, naik turun tangga, dan gerakan mountain climber

Latihan penguatan otot juga perlu dilakukan. Pasalnya, aktivitas fisik ini akan membantu tulang dan otot lebih kuat dan menjaga keseimbangan tubuh. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu angkat dan turunkan lengan dan kaki untuk beberapa hitungan.

Istirahat yang Cukup Setiap Hari

Orang yang berusia 18–60 tahun sebaiknya tidur 7 jam lebih setiap malam. Sementara orang yang berusia 61-64 tahun, durasi tidur malam dianjurkan selama 7-9 jam per hari. Kemudian untuk orang yang usianya 65 tahun ke atas baiknya tidur selama 7-8 jam per hari.

Bagaimana tidak sulit bukan menerapkan cara agar tetap sehat bagi lansia di atas? Yuk, mulai sekarang, terapkan secara konsisten agar Anda bisa tetap aktif dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Baca juga: Agar Orang Tua Terus Aktif & Kuat Jalani Hari, Berikan Kandungan Makanan yang Bergizi Berikut Ini!