Efektifkah Susu Penambah Berat Badan untuk Mereka yang Sudah Lanjut Usia?

Efektivitas Susu Penambah Berat Badan untuk Lanjut Usia Efektivitas Susu Penambah Berat Badan untuk Lanjut Usia

Perbesar Huruf :

Masalah kesehatan yang dimiliki pada lansia biasanya berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Jika memiliki berat badan yang kurang di usia lanjut, maka risiko penyakit bawaan lain juga semakin meningkat. Berat badan yang kurang, mengakibatkan lemahnya daya tahan tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, karena status gizi yang turun pada lansia.

 

Susu penambah berat badan menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan berat badan yang turun ketika sakit, sehingga risiko meningkatnya penyakit bawaan lain akan berkurang. Namun, apakah susu penambah berat badan untuk orang tua mampu menambah berat badan secara efektif?

 

Susu penambah berat badan memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada susu biasa, sehingga berat badan Anda akan bertambah lebih cepat jika meminum susu penambah berat badan. Perhatikan nutrisi yang terdapat pada susu sebelum Anda memilih susu yang tepat. Kandungan kalori pada susu saja tidak cukup, sebab protein yang tinggi juga dibutuhkan. 

 

Protein tinggi pada susu dibutuhkan oleh orang tua untuk mengurangi risiko sarkopenia. Sarkopenia adalah kondisi hilangnya massa otot secara drastis. Hal tersebut menyebabkan turunnya aktivitas fisik dan sistem imun pada tubuh, sehingga lebih rentan terkena penyakit penurunan fungsi jaringan dan organ tubuh. 

 

Mengonsumsi susu penambah berat badan tidak menjadi satu-satunya solusi untuk menjaga berat badan atau mengembalikan berat badan yang turun, terdapat beberapa hal lain yang harus dilakukan seperti:

 

Olahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga penting untuk dilakukan oleh lansia. Dengan berolahraga, massa otot yang dimiliki lansia akan terjaga, risiko penurunan massa otot akan berkurang. 

 

Memantau Nafsu Makan

Turunnya berat badan pada lansia dapat disebabkan oleh hilangnya selera untuk makan. Hilangnya nafsu makan juga menyebabkan penurunan kemampuan untuk beraktivitas. Hal tersebut dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan dokter, karena dokter akan membantu memberitahukan kebutuhan nutrisi Anda.

 

Memperhatikan Berat Badan

Perhatikan berat badan dengan memiliki catatan khusus setiap kali Anda mengukur berat badan. Mengukur berat badan dapat dilakukan setiap hari, kemudian ketika Anda dapat memberitahukan hal tersebut ke dokter ketika menjalani pemeriksaan, sehingga dokter dapat membantu memantau kesehatan Anda.

 

Makan Makanan yang Sesuai Dengan Kebutuhan Nutrisi

Pastikan bahwa Anda mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh Anda, serta mengatur pola makan sebaik mungkin. Nutrisi yang dibutuhkan berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Sesuaikan kebutuhan nutrisi Anda dengan makan-makanan anjuran dari dokter.

 

Mendapatkan nutrisi yang cukup seiring bertambahnya usia menjadi tantangan tersendiri. Kalori yang diperlukan bisa semakin menurun dan tubuh jadi kurang maksimal menyerap berbagai nutrisi penting.  Untuk itu Anda harus berupaya memenuhi kebutuhan nutrisi lewat makanan sehat dan seimbang agar dapat membantu tubuh terus bugar.

Lalu, apa saja daftar nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu agar tetap sehat meski sudah berusia lanjut? Simak informasi lengkapnya di sini!

Keefektifan susu penambah berat badan dipengaruhi oleh hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Susu bukanlah pengganti makanan dan sumber utama untuk menambah berat badan. Peran susu penambah berat badan sebagai suplemen atau tambahan makanan. 

 

Susu Ensure dapat menjadi solusi tambahan untuk menambah berat badan. Selain memiliki rasa yang enak, susu Ensure memiliki nutrisi antara lain Triple Protein (kombinasi dari protein whey, kasein, dan soya), omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, kalsium yang tinggi, vitamin D, sumber serat pangan, dan rendah laktosa. Nutrisi yang terdapat pada kandungan susu Ensure memiliki kepadatan sebesar 0.8 Kkal per mL, sehingga dapat menambahkan berat badan secara klinis. Tidak hanya untuk menambah berat badan, susu Ensure juga membantu Anda menjaga kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan aktivitas setiap harinya. 

 

Manfaat dari susu Ensure akan optimal jika mengikuti saran penyajian dan anjuran dari dokter. Sebelum membeli Susu Ensure, Jangan lupa untuk membaca label kemasan atau mengunjungi website Ensure.