Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan di Usia Tua? Simak Tips Berikut ini!

2492x Dibaca
Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan di Usia Tua Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan di Usia Tua

Perbesar Huruf :

Menjadi tua memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk menikmati hidup dan bersantai, sedangkan kekurangannya adalah tubuh jadi lebih mudah menunjukkan keluhan kesehatan. 

 

Salah satu yang sering jadi masalah saat usia lanjut yaitu perihal pencernaan. Sebagai contoh konstipasi, diare, GERD, peradangan usus besar, dan lainnya. Masalah-masalah pencernaan ini muncul disebabkan karena berbagai faktor seperti pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu, salah mengonsumsi makanan, gaya hidup sedentary, maupun masalah mulut dan gigi.  

 

Agar terhindari dari masalah-masalah di atas, yuk ikuti cara menjaga kesehatan pencernaan di usia tua berikut ini.

 

1. Perbanyak Lakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara rutin berdampak pada kesehatan pencernaan. Alasannya bergerak baik olahraga maupun melakukan aktivitas fisik secara aktif dapat menstimulasi pergerakan alami otot usus sehingga lebih teratur dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke saluran pencernaan. 

 

2. Terapkan Pola Makan yang Sehat

Cara menjaga kesehatan pencernaan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat untuk lansia yang mengandung protein seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan.  Perbanyak konsumsi air mineral dan kurangi minuman berkafein. Masukkan pula serat pada menu harian Anda seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran setiap hari. Bila perlu konsumsi juga susu yang mengandung serat pangan FOS seperti Ensure.

 

Di dalam susu Ensure juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi tubuh yaitu Triple Protein whey, kasein, & soya, omega 3 & 6, 14 vitamin dan 9 mineral. Ensure juga rendah laktosa sehingga nyaman untuk pencernaan dan tidak memberikan tambahan pemanis buatan. Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah susu Ensure dua kali sehari. 

 

Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan dan tinggi garam. Pasalnya makanan jenis ini memicu diare dan kembung serta mengurangi bakteri baik di dalam usus. 

 

Baca juga: Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh Para Lansia Secara Efektif? Simak Beberapa Tipsnya!

 

3. Jauhi Makanan yang Berisiko Membuat Mulas atau Asam Lambung Naik

Makanan tinggi lemak dan makanan pedas berisiko membuat mulas dan asam lambung naik. Khusus bagi Anda yang memang sudah memiliki GERD sebaiknya hindari makanan tersebut ya.