Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan di Usia Tua? Simak Tips Berikut ini!

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan di Usia Tua Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan di Usia Tua

Perbesar Huruf :

Menjadi tua memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk menikmati hidup dan bersantai, sedangkan kekurangannya adalah tubuh jadi lebih mudah menunjukkan keluhan kesehatan. 

 

Salah satu yang sering jadi masalah saat usia lanjut yaitu perihal pencernaan. Sebagai contoh konstipasi, diare, GERD, peradangan usus besar, dan lainnya. Masalah-masalah pencernaan ini muncul disebabkan karena berbagai faktor seperti pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu, salah mengonsumsi makanan, gaya hidup sedentary, maupun masalah mulut dan gigi.  

 

Agar terhindari dari masalah-masalah di atas, yuk ikuti cara menjaga kesehatan pencernaan di usia tua berikut ini.

 

1. Perbanyak Lakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga

Melakukan olahraga dan aktivitas fisik secara rutin berdampak pada kesehatan pencernaan. Alasannya bergerak baik olahraga maupun melakukan aktivitas fisik secara aktif dapat menstimulasi pergerakan alami otot usus sehingga lebih teratur dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke saluran pencernaan. 

 

2. Terapkan Pola Makan yang Sehat

Cara menjaga kesehatan pencernaan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat untuk lansia yang mengandung protein seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan.  Perbanyak konsumsi air mineral dan kurangi minuman berkafein. Masukkan pula serat pada menu harian Anda seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran setiap hari. Bila perlu konsumsi juga susu yang mengandung serat pangan FOS seperti Ensure.

 

Di dalam susu Ensure juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi tubuh yaitu Triple Protein whey, kasein, & soya, omega 3 & 6, 14 vitamin dan 9 mineral. Ensure juga rendah laktosa sehingga nyaman untuk pencernaan dan tidak memberikan tambahan pemanis buatan. Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah susu Ensure dua kali sehari. 

 

Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan dan tinggi garam. Pasalnya makanan jenis ini memicu diare dan kembung serta mengurangi bakteri baik di dalam usus. 

 

Baca juga: Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh Para Lansia Secara Efektif? Simak Beberapa Tipsnya!

 

3. Jauhi Makanan yang Berisiko Membuat Mulas atau Asam Lambung Naik

Makanan tinggi lemak dan makanan pedas berisiko membuat mulas dan asam lambung naik. Khusus bagi Anda yang memang sudah memiliki GERD sebaiknya hindari makanan tersebut ya. 

 

4. Mengurangi Stres Berlebih

Ternyata dengan mengurangi stres berlebih bisa jadi salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan. Stres yang berlebihan akan memicu kambuhnya asam lambung naik dan memicu gangguan pencernaan. Untuk menghilangkan stres Anda bisa berolahraga atau meditasi, cukupi kebutuhan tidur, mendengarkan musik, atau melakukan hobi yang disukai.

 

5. Jauhi Rokok

Rokok dikenal memiliki dampak buruk bukan hanya untuk jantung dan paru-paru, tapi juga bagi sistem pencernaan. Efek dari rokok yaitu menimbulkan sensasi panas dan perih di dada. Kondisi ini disebut dengan heartburn. Heartburn terjadi karena asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan.

 

Naiknya asam lambung bisa dicegah oleh otot spinchter. Tapi pada orang yang terbiasa merokok, otot-otot spinchter berubah jadi lemah sehingga memudahkan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

 

6. Konsumsi Probiotik dan Prebiotik

Cara menjaga kesehatan pencernaan terakhir yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik. Manfaat probiotik dan prebiotik bagi pencernaan yaitu mengatasi diare dan sembelit, menjaga kesehatan saluran cerna, dan mengurangi gejala radang usus. Anda bisa mendapatkan kandungan probiotik dari mengonsumsi yoghurt, tempe, dan granola. Sedangkan prebiotik bisa dijumpai pada pisang, buah tin, gandum, bawang, dan asparagus.

 

Tidak sulit bukan menerapkan cara menjaga kesehatan pencernaan bagi lansia di atas? Pencernaan yang sehat akan memberikan Anda kenyamanan dalam menjalani berbagai aktivitas. Selamat mencoba, ya.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Lansia & Tips Mudah untuk Meraihnya!