5 Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit yang Bisa Dilakukan oleh Lansia

5 Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit untuk Lansia - Ensure 5 Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit untuk Lansia - Ensure

Perbesar Huruf :

Saat jatuh sakit, keadaan lemas dan tidak ada stamina kerap membuat kita merasa tidak nyaman. Ketika sakit berangsur pulih, tubuh juga mulai bisa mengumpulkan staminanya kembali. Saat-saat ini menjadi bagian penting dari masa pemulihan karena, setelah sakit tubuh mungkin mengalami defisit stamina, yaitu keadaan saat tubuh belum sepenuhnya pulih. 

 

Stamina ini tentunya dapat dipulihkan oleh siapa saja tanpa batasan umur, termasuk lansia sekali pun. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara memulihkan stamina setelah sakit yang bisa Anda lakukan.

 

1. Melakukan Yoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi tentunya merupakan salah satu cara memulihkan stamina setelah sakit. Manfaat dan fungsi dari yoga dan meditasi ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pada lansia. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara melatih beberapa gerakan dan pikiran yang dapat diseimbangkan. 

 

Ketika gerakan dan pikiran Anda telah seimbang, maka kualitas hidup Anda akan terjaga dan meningkat seperti tubuh yang tetap bugar, kualitas tidur yang baik, diri menjadi lebih tenang, meningkatnya metabolisme dan energi pada tubuh. Karena ini dimaksudkan untuk memulihkan stamina ke keadaan awal lagi, ada baiknya untuk tidak melakukan secara berlebihan dan terlalu berat. Anda bisa mulai dari gerakan-gerakan mudah terlebih dahulu dan berkala jika ingin menambah intensitas.

 

2. Melakukan Aktivitas Olahraga

Sama seperti yoga dan meditasi, memiliki kegiatan olahraga lainnya merupakan hal yang dapat menambahkan stamina Anda. Walaupun olahraga lekat hubungannya dengan aktivitas fisik yang cukup melelahkan, namun Anda tetap harus mendorong diri untuk berolahraga dimulai dari yang ringan. Anda bisa memulainya dengan jalan pagi atau jogging di sekitar rumah Anda (misalnya, sepuluh putaran dari ujung gang ke ujung gang lainnya) dan bersepeda.

 

3. Menggunakan Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup

Pada masa pemulihan, meskipun disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik sebagai pemulihan stamina, namun Anda tetap tidak disarankan untuk mengabaikan waktu istirahat. Jika memiliki waktu tidur yang kurang, maka Anda akan merasa kelelahan dan bisa jadi tidak memiliki stamina di hari berikutnya. Hal ini bisa menyebabkan cara memulihkan stamina setelah sakit yang sudah dilakukan menjadi sia-sia. 

 

Biasakan atur jam istirahat di pertengahan aktivitas dan jam tidur. Untuk waktu istirahat di pertengahan aktivitas, Anda dapat menggunakan waktu sekurang-kurangnya 10 menit sebelum melakukan aktivitas selanjutnya. Kemudian, berikan tubuh Anda kesempatan untuk memiliki waktu tidur yang ideal. Manusia idealnya memiliki jam tidur 7 sampai 8 jam di setiap harinya, jadi, pergunakanlah waktu istirahat Anda dengan baik dan konsisten.

 

4. Perbanyak Minum Air

Minum air yang banyak merupakan cara untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi serta memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Selain menjaga tubuh Anda dari dehidrasi, air juga dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Selain banyak minum air, Anda juga dapat memakan buah-buahan yang mengandung air untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, seperti buah semangka atau lemon. Memperbanyak asupan cairan, tubuh Anda bisa mencapai pemulihan dengan lebih optimal.

 

5. Penuhi Nutrisi dengan Memiliki Pola Makan yang Baik

Makan dengan pola yang teratur dan asupan dengan nutrisi yang baik tentunya merupakan cara memulihkan stamina setelah sakit yang tidak kalah ampuhnya. Tubuh setelah sakit yang memiliki kecenderungan lemas, perlu didukung dengan asupan bernutrisi agar diri Anda kuat untuk kembali beraktivitas. 

 

Makanan yang memiliki nutrisi baik akan diserap oleh tubuh dan dapat menambah stamina Anda di masa pemulihan. Sebagai acuan, kebutuhan gizi lansia pada lemak dan karbohidrat adalah 50 gram per hari, sementara itu kebutuhan energinya adalah sebanyak 1.550 kkal. 

 

Makan-makanan yang sangat dianjurkan dalam pemenuhan nutrisi ini di antara lain adalah buah dan sayur yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin, protein, sampai probiotik. Dalam hal ini protein dibutuhkan sebagai pendukung bagi perbaikan bagian tubuh yang rusak, dan probiotik sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Konsumsi lemak baik juga dianjurkan, agar Anda tetap bertenaga saat melakukan kegiatan sehari-hari, namun yang perlu dicatat, Anda perlu makan dengan porsi yang sesuai.

 

Dalam rangka pemenuhan nutrisi demi pemulihan tubuh, Anda juga dapat meminum susu Goldsure by Ensure. Dengan kandungan Triple Protein, asupan ini tentu akan menunjang kekuatan tubuh setelah pulih dari sakit dan dapat mengembalikan stamina Anda. Selain Triple Protein, Goldsure by Ensure juga memiliki nutrisi lain yang mendukung masa pemulihan, seperti HMB (Hidroxy Methylbutyrate), 14 vitamin & 9 mineral, kalsium dan vitamin D, sampai omega 3 dan omega 6. Lebih dari itu, Nutrisi yang dimiliki oleh Goldsure by Ensure setara dengan 225 kkal/230 ml, hal ini bisa menjadi solusi untuk pemenuhan nutrisi di masa pemulihan sesuai dengan anjuran dokter.