Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Lansia? Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan!

1891x Dibaca
7+ Tips Menjaga Kesehatan Lansia, Mulai dari Aktif Bergerak! 7+ Tips Menjaga Kesehatan Lansia, Mulai dari Aktif Bergerak!

Perbesar Huruf :

Seiring bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga akan menurun. Tidak hanya terlihat secara fisik, tetapi juga perlahan sistem kekebalan tubuh akan melemah, sehingga lebih mudah terkena penyakit. Beberapa contoh masalah kesehatan pada lansia yang sering terjadi antara lain:

        Katarak

        Arthritis

        Osteoporosis

        Alzheimer

        Parkinson

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Proses penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlambat. Salah satu cara menjaga kesehatan lansia yang penting untuk dilakukan adalah penyesuaian gaya hidup. Pasalnya, penyesuaian gaya hidup yang tepat bisa membantu Anda mencegah berbagai penyakit serius, termasuk beberapa contoh masalah kesehatan pada lansia yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut cara menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan:

Aktif Bergerak

Saat ini, banyak lansia yang menghabiskan waktu hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Padahal, aktif bergerak menjadi salah satu tips menjaga kesehatan fisik dan mental mereka terjaga dengan baik. Karena dengan tubuh dan pikiran yang sehat, maka harapan hidup menjadi lebih panjang. Aktif bergerak juga dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit serius. Oleh karena itu, sebaiknya para lansia tetap aktif bergerak. Beberapa contoh kegiatan yang bisa membuat aktif bergerak diantaranya berkebun, olahraga ringan, atau bahkan memasak.

Melakukan Diet Sehat

Tidak hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan, diet sehat juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lansia di kemudian hari. Seperti yang sudah diketahui bersama, obesitas dini akan memicu berbagai penyakit serius di masa depan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan panduan Body Mass Index (BMI) untuk mengukur berat badan yang ideal dan sehat bagi Anda. Diet sehat dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan takaran nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya.

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Waktu Istirahat yang Cukup

Gangguan tidur sering kali menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh lansia. Dengan demikian, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan istirahat dengan waktu tidur yang cukup. Jika memiliki waktu tidur berkualitas, hal tersebut akan memberikan dampak baik pada kesehatan fisik maupun mental. Untuk membuat suasana tidur yang nyaman, atur suhu ruangan sesuai kebutuhan, matikan lampu, dan gunakan humidifier dan aromaterapi bila perlu.

Jaga Kesehatan Kognitif

Menjaga kesehatan kognitif bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan permainan yang dapat melatih ketajaman ingatan dan kemampuan berpikir. Beberapa jenis permainan yang disarankan, yaitu puzzle atau teka-teki silang. Lakukan permainan yang membutuhkan keterampilan berpikir ini secara rutin setiap harinya.