Bagaimana Cara Jaga Kesehatan Lansia? Berikut Hal-hal yang Bisa Dilakukan!

7+ Tips Menjaga Kesehatan Lansia, Mulai dari Aktif Bergerak! 7+ Tips Menjaga Kesehatan Lansia, Mulai dari Aktif Bergerak!

Perbesar Huruf :

Seiring bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga akan menurun. Tidak hanya terlihat secara fisik, tetapi juga perlahan sistem kekebalan tubuh akan melemah, sehingga lebih mudah terkena penyakit. Beberapa contoh masalah kesehatan pada lansia yang sering terjadi antara lain:

        Katarak

        Arthritis

        Osteoporosis

        Alzheimer

        Parkinson

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Proses penuaan memang tidak bisa dihentikan, namun masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlambat. Salah satu cara menjaga kesehatan lansia yang penting untuk dilakukan adalah penyesuaian gaya hidup. Pasalnya, penyesuaian gaya hidup yang tepat bisa membantu Anda mencegah berbagai penyakit serius, termasuk beberapa contoh masalah kesehatan pada lansia yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut cara menjaga kesehatan yang bisa Anda lakukan:

Aktif Bergerak

Saat ini, banyak lansia yang menghabiskan waktu hanya dengan berdiam diri saja di rumah. Padahal, aktif bergerak menjadi salah satu tips menjaga kesehatan fisik dan mental mereka terjaga dengan baik. Karena dengan tubuh dan pikiran yang sehat, maka harapan hidup menjadi lebih panjang. Aktif bergerak juga dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit serius. Oleh karena itu, sebaiknya para lansia tetap aktif bergerak. Beberapa contoh kegiatan yang bisa membuat aktif bergerak diantaranya berkebun, olahraga ringan, atau bahkan memasak.

Melakukan Diet Sehat

Tidak hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan, diet sehat juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lansia di kemudian hari. Seperti yang sudah diketahui bersama, obesitas dini akan memicu berbagai penyakit serius di masa depan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan panduan Body Mass Index (BMI) untuk mengukur berat badan yang ideal dan sehat bagi Anda. Diet sehat dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan takaran nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya.

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Waktu Istirahat yang Cukup

Gangguan tidur sering kali menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh lansia. Dengan demikian, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan istirahat dengan waktu tidur yang cukup. Jika memiliki waktu tidur berkualitas, hal tersebut akan memberikan dampak baik pada kesehatan fisik maupun mental. Untuk membuat suasana tidur yang nyaman, atur suhu ruangan sesuai kebutuhan, matikan lampu, dan gunakan humidifier dan aromaterapi bila perlu.

Jaga Kesehatan Kognitif

Menjaga kesehatan kognitif bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan permainan yang dapat melatih ketajaman ingatan dan kemampuan berpikir. Beberapa jenis permainan yang disarankan, yaitu puzzle atau teka-teki silang. Lakukan permainan yang membutuhkan keterampilan berpikir ini secara rutin setiap harinya.

Melakukan Pemeriksaan secara Rutin

Tidak dapat dipungkiri jika pertambahan usia meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, lansia disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala.

Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Untuk menjaga kesehatan lansia, lakukan perubahan pola makan menjadi lebih sehat. Hal yang satu ini perlu dibiasakan sejak muda, agar terbiasa sampai tua. Pola makan yang disarankan adalah mengonsumsi makanan dengan rendah lemak jenuh, ikan dengan kandungan tinggi omega-3, gandum, produk susu rendah lemak, buah-buahan, serta sayuran.

Sedangkan untuk minuman yang cocok dikonsumsi, lansia disarankan untuk memenuhi asupan cairan dengan banyak mengonsumsi air putih. Anda juga diizinkan untuk mengonsumsi teh, kopi, dan jus buah dengan sedikit gula. Sebisa mungkin hindari minuman yang terlalu dingin dan manis. Salah satu contoh minuman bernutrisi yang bisa diberikan untuk bantu menjaga kondisi tubuh lansia adalah Ensure.

 

Kandungan nutrisi dari Ensure telah didukung 30 uji klinis, dan dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sepanjang hari. Kandungan nutrisi gizi, vitamin A, E, C, Zn, Selenium dan Tembaga dapat mendukung fungsi normal daya tahan tubuh dan juga membantu kekuatan untuk aktif sehari hari. Selain itu, Ensure dilengkapi dengan triple protein (perpaduan Whey, Kasein, dan Soya), 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, sumber serat serta kadar laktosa yang rendah,  Ensure dapat memberikan rasa nyaman pada perut sebagai pelengkap untuk kesehatan lansia.

Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah nutrisi Abbott Ensure secara rutin dua kali sehari. Abbott Ensure tersedia dalam dua varian rasa vanila dan cokelat yang lezat. Ukuran tersedia 150 gram, 400 gram, dan 900 gram (ukuran 150 gram hanya tersedia untuk varian vanila). Anda bisa membelinya di supermarket atau toko terdekat dari tempat tinggal Anda. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi Kesehatan tertentu.

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga kekuatan untuk aktif sehari-hari!

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

 


Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/10-tips-penting-untuk-menjaga-kesehatan-lansia

https://www.herminahospitals.com/id/news-and-events/menjaga-kesehatan-lansia-di-masa-pandemi