6 Aturan Wajib Makanan Sehat untuk Diet di Lanjut Usia

1794x Dibaca
6 Aturan Wajib Makanan Sehat untuk Diet - Ensure 6 Aturan Wajib Makanan Sehat untuk Diet - Ensure

Perbesar Huruf :

Berbicara soal diet bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan saja. Tapi tujuan dari diet juga dimaksudkan untuk mengubah pola makan agar lebih seimbang dan sehat. Diet juga bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi para lansia pun bisa melakukan diet demi memenuhi kebutuhan gizi harian, mempertahankan berat badan yang ideal, menjauhi risiko terkena berbagai penyakit termasuk lemahnya otot dan tulang.

Lalu apa saja ya makanan sehat untuk diet dan aturan makan yang bisa dilakukan para lansia dalam kesehariannya? Mari simak penjelasannya berikut ini! 

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Bukan hanya anak-anak atau orang dewasa saja, gangguan pencernaan seperti konstipasi juga bisa mengganggu aktivitas para lansia.  Untuk mencegah masalah itu terjadi, makanan sehat untuk diet harus memasukkan serat pada setiap menu yang akan disantap setiap hari. Manfaat serat bukan hanya baik untuk pencernaan saja, tapi juga menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat. 

Salah satu serat yang perlu dipenuhi kebutuhannya yaitu prebiotik. Ini merupakan serat yang tidak bisa dicerna namun bermanfaat untuk pertumbuhan bakteri baik yang ada di usus besar. Contoh prebiotik yang banyak ditemukan adalah fructo-oligosaccharides (FOS) yang diperoleh dengan proses ekstraksi serat akar chicory. FOS berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung penyerapan kalsium, mengurangi risiko terkena penyakit radang usus dan konstipasi. Pada makanan FOS terdapat di asparagus, bawang, gandum, dan pisang.

2. Kurangi Makanan Tinggi Garam, Gula, dan Lemak Jahat

Pastikan makanan sehat untuk diet tidak terlalu banyak mengandung garam, gula, dan lemak jahat, seperti makanan yang digoreng, makanan dan minuman manis serta junk food. Meski nikmat, jika terlalu banyak dikonsumsi bisa memicu berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, kolesterol tinggi dan lainnya. 

3. Mengatur Porsi Makan

Mengatur porsi makanan sehat untuk diet juga penting untuk diperhatikan.  Disarankan lansia makan besar tiga kali sehari dengan disertai camilan dua kali sehari. Perhatikan juga kemampuan mengunyah orang tua. Jika mereka sulit mengunyah karena masalah gigi, sebaiknya beri makanan yang teksturnya lunak atau dipotong kecil-kecil terlebih dulu.