Selain Mengonsumsi Nutrisi Susu untuk Tulang dan Sendi, 7 Tips Ini Juga Bisa Dilakukan!

Selain Minum Susu untuk Tulang dan Sendi, Lakukan 7 Tips Ini! Selain Minum Susu untuk Tulang dan Sendi, Lakukan 7 Tips Ini!

Perbesar Huruf :

Dari dulu, masyarakat telah dihimbau untuk mengonsumsi susu untuk tulang dan sendi. Maka dari itu, wajar saja jika mengonsumsi susu untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan tulang, seperti osteoporosis, sudah menjadi fakta yang diketahui bersama.

Akan tetapi, kebaikan susu bagi tulang dan sendi bukanlah berasal dari susu itu saja. Faktanya, Anda perlu menyeimbangkannya dengan pola makan yang sehat, hidup yang aktif, dan bahkan hal-hal yang terbilang remeh, seperti berjemur setiap pagi. Berbagai faktor ini akan bersatu padu dan membawa manfaat yang maksimal dalam menjaga tulang dan juga sendi.

Ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak penjelasan seputar cara menguatkan otot dan sendi berikut ini!

1. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Melakukan olahraga bukan hanya penting dalam upaya menjaga kesehatan otot, tetapi juga tulang. Beberapa jenis aktivitas fisik yang dipercaya mampu menjadi cara menguatkan otot adalah olahraga high-impact (olahraga yang mengangkat kaki, seperti berlari dan jumping jacks) dan juga weight-bearing (seperti jogging, naik tangga, atau berdansa).

Kedua jenis kegiatan tersebut sangat lah baik, terutama ketika Anda masih berada di usia muda. Akan tetapi, bagi para pria dan juga wanita lanjut usia, olahraga weight-bearing dipercaya mampu meningkatkan kekuatan tulang, kepadatannya, ukurannya, serta kemampuan melawan inflamasi otot.

Baca juga: Jenis Olahraga untuk Lansia & Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

2. Mengonsumsi Sayur-sayuran dengan Vitamin C

Konsumsi susu untuk tulang dan sendi memang merupakan cara yang praktis. Tetapi, pastikan juga agar membarenginya dengan asupan sayur-sayuran, terutama yang mengandung vitamin C tinggi. Sebab, vitamin C dipercaya mampu memicu produksi sel pembentuk tulang. Kemudian, kemampuannya sebagai antioksidan pun dapat melindungi sel tulang tersebut. Apabila asupannya cukup, tentu saya sayur-sayuran mampu menjaga kepadatan tulang Anda.

3. Mengonsumsi Kalsium Setiap Makan

Selain susu untuk tulang dan sendi, adakah sumber kalsium lainnya? Tentu saja ada. Beberapa makanan dan juga minuman yang merupakan sumber kalsium, antara lain: keju, sardine, almond, sayur-sayuran, dan juga tahu.

Mengonsumsinya setiap hari saat makan akan sangat baik dalam menjaga kekuatan tulangmu. Penyebabnya antara lain karena kalsium adalah mineral utama yang ada di tulang dan kalsium dibutuhkan untuk membentuk sel tulang.

Tapi, bukan hanya itu saja, mengonsumsi kalsium setiap makan akan mengoptimalkan penyerapannya. Sebab, kalsium yang langsung banyak dikonsumsi tidak akan diserap sebanyak kalsium yang dikonsumsi sedikit-sedikit.

Baca juga: Cara Menguatkan Tulang Agar Terhindar dari Osteoporosis di Usia Emas Anda

4. Memerhatikan Asupan Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai the sunshine vitamin, lantaran dapat diproduksi oleh tubuh ketika dipicu oleh sinar matahari yang terpapar di kulit. Akan tetapi, mengonsumsinya lewat makanan dan minuman juga sangat dianjurkan, selain karena produksinya terkadang terhalang oleh cuaca yang tidak cerah, makanan mengandung vitamin D juga mudah ditemui, sehingga Anda bisa turut memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

Konsumsi vitamin D sangat penting lantaran berbagai kemampuannya bagi tubuh, seperti menjaga sistem imun, meregulasi suasana hati, dan menjaga berat badan. Akan tetapi, selain ketiga kebaikan itu, ada satu lagi yang berhubungan dengan tulang, yakni kemampuannya meningkatkan penyerapan kalsium. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan produk susu untuk tulang dan sendi difortifikasi dengan vitamin D.

Pastikan asupan vitamin D Anda cukup. Anda bisa memperoleh vitamin yang satu ini lewat ikan salmon dan sardine, udang, kuning telur, dan produk-produk yang terfortifikasi, seperti susu, sereal, minuman jus jeruk, dan juga yogurt.

Tanpa asupan vitamin D yang cukup Anda dapat berisiko mengalami beberapa kondisi kesehatan. Adapun kondisi kesehatan tersebut, yakni osteoporosis, sakit jantung, gigi rusak, atau bahkan penyerapan nutrisi yang terhambat.

Baca juga: Wajib Tahu! Begini Cara Mendapatkan Vitamin D Secara Efektif di Usia Lanjut

5. Mengonsumsi Protein

Kebanyakan orang memahami protein sebagai nutrisi untuk pembentukan otot. Meskipun hal ini merupakan hal yang benar, perlu diketahui bahwa sekitar 50% dari tulang kita dibentuk oleh protein.

Bukan hanya itu saja, konsumsi protein yang rendah juga disinyalir berhubungan dengan penyerapan kalsium yang tidak maksimal. Oleh karena itu, penting bagi susu untuk tulang dan sendi untuk mengandung protein dan kalsium pada saat yang bersamaan.

6. Memperhatikan Asupan Karbohidrat

Karbohidrat dan juga protein sama-sama sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh saat beraktivitas setiap hari. Namun begitu, bukan hanya ini persamaan yang dimiliki oleh kedua kandungan penting tersebut, loh!

Faktanya, karbohidrat juga dapat berguna dalam meningkatkan penyerapan kalsium. Namun, perlu diperhatikan bahwa karbohidrat yang dimaksud adalah karbohidrat kompleks, yakni yang berasal dari buah-buahan serta sayur-sayuran.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Lansia & Bagaimana Cara Memenuhinya

7. Mengonsumsi Asupan Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Setelah mengetahui asupan-asupan nutrisi di atas, Anda perlu melakukan tips yang satu ini, yakni mengonsumsinya dengan benar. Pasalnya, seperti yang telah dijelaskan di atas, kebaikan suatu kandungan akan bekerja sama dengan kandungan lainnya. Nantinya manfaat yang Anda raup pun akan maksimal, sebagai contoh adalah vitamin D dan juga kalsium.

Salah satu asupan nutrisi lengkap dan seimbang yang bisa dijadikan contoh adalah Ensure dari Abbott Laboratories. Pasalnya, Ensure mengandung formula Triple Protein, atau kombinasi dari unik dari protein whey, kasein, dan juga soya, 14 vitamin dan 9 mineral, serta omega 3 dan 6.

Selain itu, Ensure pun merupakan sumber serat dan juga rendah laktosa. Ditambah dengan rasanya yang lezat (cokelat dan juga vanila), tentu Ensure baik dan aman diminum dua kali sehari.

Namun, sebelum mengandalkan Ensure untuk bantu mendukung daya tahan, kekuatan, serta aktivitas Anda setiap hari, pastikan untuk menjadi pembeli yang bijak dengan: membaca label sebelum membeli, konsultasi dengan ahli kesehatan jika ada kondisi kesehatan tertentu, serta memperoleh informasi lengkap seputar Ensure. Kunjungi website Ensure hari ini untuk memahami kandungan dan varian produk kami lebih lanjut.

Ensure, brand nutrisi dewasa No. 1 di dunia dan produk nutrisi yang paling di rekomendasikan di Indonesia. Minum Ensure 2 kali sehari bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari!

Beberapa Hal yang Perlu Dihindari demi Menjaga Tulang dan Otot

Jangan hanya menjaga pola makan dan berolahraga saja. Ada beberapa minuman dan makanan yang wajib untuk dihindari karena keterkaitannya dengan risiko osteoporosis dan penurunan massa tulang. Adapun makanan dan minuman tersebut, yakni:

        Makanan dan Minuman Mengandung Kafein

Kafein hadir pada makanan, seperti cokelat dan kue tiramisu, dan juga minuman, seperti kopi, teh, dan minuman cokelat. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat mempengaruhi pemrosesan kalsium di dalam tubuh.

        Minuman Beralkohol

Minum alkohol dalam jumlah banyak dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah penurunan massa otot. Maka dari itu, kurangi atau bahkan hindari minuman alkohol sama sekali jika ingin menjaga kesehatan otot.

        Minuman Bersoda

Dengan rasa yang manis dan sensasi dari proses karbonasi menjadikan minum bersoda sulit untuk ditolak. Akan tetapi, soda sering sekali diasosiasikan dengan penurunan massa otot. Salah satu penyebabnya adalah kandungan kafein yang ada di dalamnya.

Demikian tadi informasi tentang cara menjaga kesehatan tulang dan juga sendi selain mengonsumsi susu. Pada dasarnya, memanfaatkan kandungan susu untuk tulang dan sendi memang direkomendasikan. Akan tetapi, gaya hidup Anda pun harus dijalani dengan mendukung upaya tersebut. Artinya, Anda perlu melakukan olahraga, memperhatikan asupan nutrisi lainnya.


Sumber:

Can Osteoporosis Be Reversed? Medications and Lifestyle Changes: https://www.healthline.com/health/managing-osteoporosis/can-osteoporosis-be-reversed#how-to-help-reverse-it

Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Non-Dairy): https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods

High Impact Exercise - Good or Bad for Your Body?: https://www.drgenachiropractic.com/blog/161045-high-impact-exercise-good-or-bad-for-your-body#:~:text=High%20impact%20workouts%20are%20defined,jacks%2C%20or%20knee%2Dhighs.

Exercise for Your Bone Health | NIH Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center: https://www.bones.nih.gov/health-info/bone/bone-health/exercise/exercise-your-bone-health#:~:text=Weight%2Dbearing%20and%20resistance%20exercises,weights%20%E2%80%93%20can%20also%20strengthen%20bones.

3 Surprising Benefits of Vitamin D: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-vitamin-d

Bone Health: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3445243/

https://theros.org.uk/information-and-support/bone-health/nutrition-for-bones/: https://theros.org.uk/information-and-support/bone-health/nutrition-for-bones/

Carbohydrates: Types & Health Benefits: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15416-carbohydrates#:~:text=Carbohydrates%20(also%20called%20carbs)%20are,these%20macronutrients%20to%20stay%20healthy.

Should we drink milk to strengthen bones? - BBC Future: https://www.bbc.com/future/article/20190408-should-we-drink-milk-to-strengthen-bones

10 Foods and Drinks with Caffeine: https://www.healthline.com/nutrition/foods-with-caffeine#10.-Chocolate-flavored-foods