5 Aktivitas Lansia yang Bisa Dilakukan Bersama di Akhir Pekan

5 Aktivitas Lansia yang Bisa Dilakukan Bersama di Akhir Pekan 5 Aktivitas Lansia yang Bisa Dilakukan Bersama di Akhir Pekan

Perbesar Huruf :

Aktivitas adalah sebuah hal penting dalam kehidupan setiap orang. Karena dengan melakukan berbagai aktivitas, maka seluruh bagian tubuh Anda akan bekerja, sehingga Anda pun menjadi lebih bugar secara fisik. Tidak hanya itu, aktivitas yang dilakukan dengan tujuan tertentu juga bisa menimbulkan rasa puas dan kebahagiaan secara psikologis.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi anak kecil ataupun orang dewasa, tetapi juga bagi para lansia. Sebagaimana manfaat mengonsumsi vitamin, aktivitas lansia juga dapat memberikan dampak positif bagi yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau stroke. Lantas, apa saja aktivitas lansia yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu akhir pekan Anda? Berikut beberapa pilihannya:

 

1. Membuat Kerajinan Tangan

Tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba membuat kerajinan tangan. Tidak perlu melakukan hal yang terlalu rumit, Anda dapat memulainya dengan melukis atau menggambar, merajut, atau jika Anda sudah mulai lebih percaya diri, Anda bisa membuat kerajinan tangan yang lebih kompleks seperti membuat anyaman atau tembikar. Aktivitas lansia ini dapat Anda lakukan untuk mengusir rasa bosan sekaligus mengasah kreativitas yang dimiliki.

 

2. Membaca dan Menulis

Jika Anda menyukai buku, membaca bisa menjadi pilihan aktivitas lansia yang tepat. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau membuat sebuah klub buku bersama rekan-rekan lain untuk meningkatkan hubungan sosial. Selain membaca, jika Anda memiliki ketertarikan dalam merangkai kata, menulis juga dapat dijadikan pilihan aktivitas lansia di akhir pekan. Kegiatan ini dapat membantu Anda dalam mengasah kemampuan berpikir serta melatih daya ingat.

 

3. Memasak

Jika Anda adalah salah seorang pecinta kuliner, memasak juga bisa menjadi pilihan aktivitas lansia yang menyenangkan. Ajaklah anak atau anggota keluarga Anda yang lain untuk berkreasi di dapur dan membuat berbagai menu makanan yang dapat dinikmati bersama-sama. Selain menyenangkan, aktivitas lansia ini juga bisa dijadikan cara untuk menerapkan pola makan sehat guna menunjang kebutuhan gizi tubuh.

Baca Juga: Pilihan Kegiatan untuk Lansia yang Bisa Jaga Kekuatan Tulang dan Otot

 

4. Bermain Permainan Asah Otak

Tidak perlu pergi mengunjungi pusat perbelanjaan atau tempat hiburan lainnya, Anda juga tetap bisa menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan dengan keluarga di rumah. Caranya adalah dengan melakukan permainan asah otak, seperti catur atau kartu. Selain dapat dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, permainan ini juga dapat membantu Anda mencegah penurunan fungsi otak.

 

5. Olahraga Ringan

Aktivitas fisik adalah hal yang penting untuk lansia, karena terbukti memberikan dampak positif pada kesehatan tubuhnya. Adapun salah satu bentuk aktivitas lansia yang bisa dilakukan bersama-sama adalah berolahraga, seperti jalan kaki, berenang, yoga, atau bermain bowling. Tidak hanya itu, senam atau sekadar melakukan latihan peregangan bersama anak dan cucu juga bisa dijadikan pilihan.

Dengan beragam pilihan aktivitas lansia tersebut, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Meski sudah tak seenergik dulu, aktivitas tetap perlu diterapkan sebagai salah satu gaya hidup sehat. Namun, perlu diingat, untuk dapat menjaga kesehatan tubuh, kegiatan untuk lansia tersebut perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat. Pola makan yang disarankan adalah mengonsumsi makanan dengan rendah lemak jenuh, ikan dengan kandungan tinggi omega-3, gandum, produk susu rendah lemak, buah-buahan, serta sayuran.

Jika Anda memerlukan asupan nutrisi tambahan, Anda dapat mengonsumsi Ensure. Mengapa Ensure? Kandungan nutrisi dari Ensure telah didukung 30 uji klinis, dan dapat membantu jaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sepanjang hari. Berikut ini kandungan dalam susu Ensure yang baik untuk dijadikan nutrisi tambahan bagi tubuh:

 

Mengandung Formula Triple Protein untuk Bantu Kuatkan Massa Otot

Manfaat susu Ensure untuk kesehatan dan kekuatan massa otot Anda dengan Protein yang terdapat pada kandungan susunya. Protein pada susu Ensure merupakan kombinasi dari protein whey, kasein dan soya meningkatkan sintesa protein, sehingga mudah diserap, dicerna dan bertahan lama dalam tubuh. Sehingga ketersediaan asam amino dalam tubuh terjaga untuk membentuk dan menjaga massa otot Anda.

 

Menjaga Kesehatan Pencernaan Melalui Kadar Tinggi Serat dan Rendah Laktosa

Untuk mencegah masalah pencernaan seperti sembelit atau diare, lansia harus mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dan susu rendah laktosa. Manfaat susu ensure untuk kesehatan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi serta rendah laktosa sehingga kesehatan pencernaan Anda pun terjaga.

 

Mengandung Omega-3 & 6 untuk Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu ensure untuk jaga kesehatan jantung Anda, terutama jika Anda memiliki darah tinggi. Darah tinggi memiliki pengaruh terhadap kesehatan jantung. Susu Ensure memiliki omega 3 dan 6 yang dapat mengontrol tekanan darah Anda sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah susu Abbott Ensure secara rutin dua kali sehari. Abbott Ensure tersedia dalam dua varian rasa vanila dan cokelat yang lezat. Ukuran tersedia 150 gram, 400 gram, dan 900 gram (ukuran 150 gram hanya tersedia untuk varian vanila). Anda bisa membelinya di supermarket atau toko terdekat dari tempat tinggal Anda.

Ensure, brand nutrisi Dewasa No.11 di dunia dan produk nutrisi yang memiliki uji klinis dan telah direkomendasikan di Indonesia2. Ensure, bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sehari-hari!

1Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales, RSP, 2019

2IQVIA, HCP Stuty Period: Jan-Aug 2021

Sumber

Healthy Aging and Exercise for Seniors: https://www.healthline.com/health/senior-health

Exercise Plan for Seniors: https://www.healthline.com/health/everyday-fitness/senior-workouts