Waktu Tepat untuk Olahraga Agar Terus Kuat di Masa Tua. Kapan, ya?

Perbesar Huruf :

Ketika berbicara tentang olahraga, apa yang ada di benak Anda? Apakah itu meliputi angkat beban atau berlari sejauh 50km setiap hari seperti seorang atlet? Perlu dipahami, semua orang dewasa perlu menjaga massa ototnya, bukan hanya para pria atau wanita yang menginginkan tubuh yang atletis.

Tapi, bagaimana cara menjaga kesehatan otot, ya?

Tentunya, Anda perlu menyesuaikan kegiatan, intensitas, serta waktu yang tepat untuk olahraga bagi Anda pribadi. Olahraga yang dilakukan tidak harus dilakukan di gym atau fitness center. Siapa pun bisa dan perlu berolahraga dari sekarang. Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Massa Otot Anda Berkurang Setiap Tahunnya

Pernah mendengar istilah sarkopenia? Istilah ini menjelaskan suatu kondisi di mana tubuh seseorang mengalami massa otot yang sangat minim. Kondisi ini disebabkan oleh hilangnya sel otot dan akan terjadi oleh mereka yang sudah memasuki lanjut usia.

Kondisi ini memang sangat umum, namun jelas dapat menghambat kemampuan Anda dalam bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari yang sebelumnya dianggap mudah, seperti naik tangga, bangkit dari tempat tidur, atau bahkan berjalan. Akibat penurunan massa otot karena sarkopenia antara lain: kekuatan, berat badan, dan kualitas hidup yang berkurang secara signifikan.

Secara natural, mereka yang paruh baya memang akan kehilangan 3% dari massa otot mereka setiap tahunnya. Bayangkan jika Anda sudah memasuki usia 70 tahun, akan ada berapa persen massa otot yang hilang? Tentu sangat banyak!

Namun, sebelum Anda khawatir, perlu disadari bahwa penurunan massa otot disebabkan oleh dua faktor: bertambahnya usia dan tubuh yang kurang bergerak. Jika usia mempengaruhi produksi sel otot, olahraga membantu Anda mempertahankan massa otot yang dimiliki, atau bahkan meningkatkannya. Jadi, waktu yang tepat untuk olahraga adalah sedini mungkin.

Miliki Hidup yang Berkualitas dengan Mulai Berolahraga

Dalam menjalani hidup, setiap orang memiliki tujuan, impian, dan hal-hal penting lainnya yang ingin mereka raih. Kebiasaan berolahraga secara rutin mungkin dapat membantu Anda mencapai hal-hal tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat olahraga secara rutin dari sekarang!

- Meningkatkan dan mempertahankan massa otot

- Menghindari risiko penyakit (termasuk penyakit jantung)

- Meningkatkan suasana hati (karena menunjang produksi hormon serotonin)

- Mengurangi stres (dengan mengatur tingkat hormon adrenalin)

- Memperbaiki kualitas tidur

- Memanjangkan usia

- Meningkatkan stamina tubuh

Lakukan Olahraga Secara Tepat

Jika berbicara seputar bentuk dan waktu yang tepat untuk olahraga, penjelasannya tidaklah serumit yang mungkin kebanyakan orang bayangkan. Anda bisa saja melakukannya sambil mengangkat tas belanja, push-up dan sit-up, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa dilakukan secara rutin dan sesuai kapasitas Anda sekarang.

Namun, pastikan kegiatan yang dilakukan memicu gerakan otot. Kemudian, bila sudah merasa lebih mampu, tingkatkan intensitasnya atau pergi ke gym agar dapat mengangkat beban bersama bimbingan personal trainer.

Baca juga: Jenis Olahraga untuk Lansia & Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Olahraga Saja Tidak Cukup

Ingin masa tua Anda penuh kekuatan? Olahraga saja rupanya tidak cukup, loh! Rutin berolahraga memang sangat baik, tapi Anda butuh asupan-asupan nutrisi tertentu yang bisa menunjang kekuatan dan massa otot. Adapun beberapa dari nutrisi tersebut, sebagai berikut!

- Protein — Nutrisi ini diperlukan dalam pembentukan jaringan otot. Maka dari itu, para atlet akan sangat fokus pada asupan protein mereka, sehingga membuat protein shakes. Kalau untuk Anda, sih, proteinnya bisa diperoleh secara mudah dari daging, telur, susu, atau tempe dan tahu.

- Omega-3 Asam lemak ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan-ikan, seperti salmon, sarden, atau ikan kembung. Omega-3 dipercaya bisa menunjang pertumbuhan massa otot secara langsung.

- Kalsium — Mungkin kebanyakan dari Anda telah memahami fungsi dari kandungan ini. Ya, kalsium merupakan mineral yang mampu menjaga kekuatan tulang serta sangat penting bagi kehidupan. Dapatkan kalsium dari susu, keju, yogurt, atau sayuran tertentu, seperti bayam.

- Vitamin D Jenis vitamin ini diproduksi sendiri di dalam tubuh (bila tubuh terpapar sinar matahari) dan juga bisa diperoleh dari makanan. Vitamin D berfungsi sebagai penunjang absorbsi kalsium dari susu dan juga dipercaya dapat mendukung pertumbuhan massa otot.

Demikian penjelasan seputar kapan waktu yang tepat untuk olahraga demi menjaga massa otot. Kesimpulannya, olahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara asalkan kegiatannya memicu aktivitas otot. Namun, seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tetap perlu berbagai macam nutrisi agar olahraga yang dilakukan dapat optimal.

Demi mendukung asupan nutrisi Anda, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu Ensure setiap hari. Ensure adalah produk dari Abbott yang dirancang khusus dengan formula Triple Protein (gabungan dari whey, kasein, dan soya) untuk mengoptimalkan fungsi protein. Namun, di samping itu, ada juga manfaat lainnya, yakni kandungan omega-3, omega-6, vitamin D, tinggi kalsium, laktosa yang rendah, serat pangan, dan juga 14 vitamin serta 9 mineral. Ensure dirancang untuk membantu mendukung daya tahan tubuh dan kekuatan supaya Anda tetap aktif sepanjang hari!

 

Ensure tersedia dalam varian rasa cokelat dan vanila serta dalam ukuran 150gr (khusus varian vanila) 400gr, dan 900gr. Namun, sebelum membeli Ensure, pastikan untuk membaca label pada kemasan.