Hal Penting untuk Lansia! Selain Minum Susu, Lakukan Juga Olahraga Berikut Demi Jaga Massa Otot

Perbesar Huruf :

Tahukah Anda bahwa kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda? Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua usia 50 tahun ke atas. Pada orang tua yang berusia 50 tahun ke atas, biasanya akan terjadi perubahan struktur serta fungsi tubuh, kemampuan kognitif, hingga perubahan pada saluran pencernaan yang bisa menyebabkan turunnya efektivitas penggunaan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian untuk tetap bisa memaksimalkan asupan nutrisi yang diperlukan tubuh, salah satunya adalah dengan minum susu khusus yang diformulasikan untuk orang tua.

 

Pentingnya Minum Susu Bagi Lansia

Selain dijadikan penunjang asupan nutrisi harian orang tua, susu mengandung berbagai manfaat lain yang bisa dirasakan oleh tubuh, di antaranya:

1. Mencegah Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, tulang dalam tubuh juga akan semakin rapuh. Dengan demikian, risiko terjadinya osteoporosis juga akan semakin besar. Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk selalu minum susu untuk lansia yang kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D yang bisa membantu tulang agar menjadi lebih padat dan tidak mudah rapuh.

2. Menjaga Massa Otot

Protein adalah salah satu asupan penting bagi orang tua, terutama ketika Anda mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis atau baru saja menyelesaikan perawatan tertentu di rumah sakit. Karenanya, tubuh akan memerlukan protein yang cukup untuk menjaga kekuatan dan massa otot tubuh, serta berbagai fungsi gerak tubuh yang lainnya.

 

Untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut, Anda bisa mulai mengonsumsi Susu Ensure yang mengandung berbagai nutrisi seperti Triple Protein, 14 vitamin dan 9 mineral, tinggi kalsium dan sumber dari vitamin D, omega 3 dan omega 6, dan rendah laktosa merupakan lemak baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan juga seluruh tubuh. Selain itu, Susu Ensure juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena kadar laktosa yang rendah dan dibuat tanpa pemanis buatan, sehingga bagi Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah intoleransi laktosa yang sering kali terjadi pada lansia.

 

Selain dengan memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga massa otot adalah dengan tetap aktif melakukan olahraga, terutama latihan kekuatan atau peregangan. Dilansir dari situs webmd.com, orang yang tidak aktif secara fisik dapat kehilangan 3%-5% massa otot mereka setiap dekade setelah usia 30. Sarkopenia biasanya terjadi lebih cepat pada usia sekitar 75 tahun, namun juga bisa terjadi lebih cepat pada usia 65 atau 80 tahun. Untuk dapat membantu jaga massa otot, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk lansia yang bisa Anda lakukan:

- Aerobik

Selain bermanfaat untuk menjaga massa otot, olahraga aerobik juga bisa menjaga kesehatan organ tubuh yang lain, seperti jantung dan paru-paru. Lakukan olahraga aerobik seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda setidaknya 30 menit setiap hari dalam waktu seminggu untuk merasakan hasil yang maksimal.

- Latihan Kekuatan (Strength Training)

Berikutnya, olahraga untuk lansia yang bisa Anda lakukan adalah dengan latihan kekuatan. Olahraga ini bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan peralatan simpel, dimulai dari botol yang sudah diisi dengan air mineral. Untuk memulainya, gerakkan tangan Anda tanpa beban terlebih dahulu selama beberapa menit, kemudian baru dilanjutkan dengan menambah beban secara perlahan agar persendian Anda tidak mengalami shock.

- Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Pasalnya, melakukan olahraga yoga secara teratur bisa bantu menjaga keseimbangan tubuh, kelenturan otot, serta memberikan efek relaksasi. Tentu saja hal ini dapat mendukung para orang tua agar tetap aktif ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Itulah tadi hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk bantu jaga massa otot. Selama dilakukan dengan tepat dan disesuaikan dengan kemampuan diri, Anda tentu saja bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal sekaligus meningkatkan kualitas hidup. Selamat mencoba!