Cara Menghitung Denyut Nadi Setelah Olahraga guna Melihat Kesehatan Jantung

Perbesar Huruf :

Melakukan olahraga secara berlebihan juga dapat menimbulkan risiko terhadap tubuh kita. Sama halnya dengan meminum obat, berolahraga pun memiliki takarannya. Jadi, ada baiknya Anda memilih aktivitas olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh. Salah satu cara yang Anda bisa lakukan untuk mengantisipasi kesalahan saat berolahraga adalah dengan mengukur kecepatan denyut nadi. Artikel ini akan membahas cara menghitung denyut nadi setelah olahraga sekaligus memberi alasan mengapa hal ini penting dan dibutuhkan.

 

Pentingnya Mengetahui Intensitas Olahraga

Saat Anda melakukan aktivitas fisik, banyak efek yang bisa dirasakan tubuh Anda. Hal ini bisa dilihat pada pernapasan, detak jantung, produksi keringat, juga tingkat kelelahan otot. Untuk mengetahuinya dengan baik, terdapat dua cara untuk mengukur intensitas tersebut, yaitu:

1. Dengan melihat efek dan rasa yang timbul setelah melakukan aktivitas fisik. Hal ini adalah pengukur subjektif untuk mengetahui seberapa berat aktivitas tersebut untuk Anda dengan melihat respons tubuh dan efeknya pada diri Anda.

 

2. Dengan cara menghitung denyut nadi setelah olahraga. Hal ini dapat memberikan gambaran objektif perihal intensitas dari kegiatan yang Anda lakukan dengan melacak angka  normal bpm (beats per minute) setelah olahraga.

 

Efek dan rasa yang timbul setelah beraktivitas mungkin tidak akan selalu sama saat melakukan olahraga, lagi-lagi tergantung setiap individu. Namun, hal ini perlu dilakukan agar bisa menjadi acuan dalam mengetahui efektivitas dan pengaruhnya terhadap diri Anda. Lebih dari itu, dengan menghitung denyut nadi, Anda juga bisa mengetahui batasan yang aman agar Anda terhindar dari kondisi yang membahayakan jantung. 

 

Cara Menghitung Denyut Nadi Setelah Olahraga

Cara menghitung denyut nadi setelah olahraga bisa ditempuh dengan beragam cara. Misalnya, dengan teknologi pelacak aktivitas ataupun secara manual. Jika Anda ingin menghitungnya secara manual, Anda bisa langsung mencari detakan di pergelangan tangan yang menghadap ke atas dan menempatkan jempol dan telunjuk Anda  pada bagian pergelangan tangan dalam sampai merasakan denyut. Jika sudah merasakan denyut, Anda bisa menghitungnya dalam jangka waktu 60 detik.

 

Hal yang perlu diketahui untuk mengetahui detak ideal setelah berolahraga adalah dengan mengetahui detak jantung maksimal diri Anda terlebih dahulu. Cukup dengan mengurangi angka 220 dengan usia Anda saat ini. Jika saat ini Anda berusia 35 tahun, maka detak jantung maksimal Anda adalah 195 bpm (beats per minute).  Setelah mengetahui detak jantung maksimal  tersebut, Anda baru bisa melihat level denyut setelah berolahraga. The American Heart Association merekomendasikan beberapa target, yaitu:

 

- Intensitas sedang dengan 50%-70% dari detak maksimal jantung Anda

- Intensitas berat dengan 70%-85% dari detak maksimal jantung Anda

 

Dalam pelaksanaan olahraga Anda perlu melakukannya secara bertahap, jadi tubuh tidak kaget karena Anda memulainya dari persentase rendah terlebih dahulu, baru sedikit demi sedikit meningkat.

 

Perlu diingat, cara menghitung denyut nadi setelah olahraga di atas barusan adalah panduan yang semerta-merta dapat digunakan untuk melacak dan memonitor batas aman intensitas aktivitas fisik untuk tubuh Anda. Hal ini juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi Anda dari risiko kelelahan yang berbahaya untuk jantung, mulai dari aritmia, sakit pada dada, dan kondisi tidak nyaman seperti menjadi pening juga pusing.

 

Jenis-jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Demi menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan jantung, terdapat beberapa rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan dan tentunya aman. Beberapa aktivitas fisik yang dimaksud, antara lain:

1. Berjalan kaki

2. Weight Training (push up, pull up, squats)

3. Berenang

4. Yoga

Dari keempat contoh aktivitas fisik tersebut, Anda bebas memilih dan melakukannya sesuai dengan kondisi tubuh. Mulai dari mengikuti kelas yoga, berjalan dengan teman atau berenang setiap hari, semua ini perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan Anda. Bagi Anda yang memiliki permasalahan kesehatan, ada baiknya untuk mengonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu saat mau memulai rutinitas olahraga.

Itu dia cara menghitung denyut nadi setelah olahraga. Memang, untuk menjaga kesehatan jantung, aktivitas olahraga sangat perlu dilakukan. Untuk melakukan hal itu, kita memerlukan tubuh yang bugar serta otot yang kuat. Jadi, sudah selayaknya Anda perlu menjaga asupan yang baik untuk tubuh Anda. 

Salah satu asupan baik yang bisa Anda dapatkan adalah dengan mengonsumsi Susu Goldsure by Ensure. Dengan Triple Protein dan disertai dengan 14 vitamin dan 9 mineral, juga omega 3 dan 6, Goldsure by Ensure dapat memberikan nutrisi baik untuk pemulihan kesehatan disesuaikan dengan anjuran dokter. Sebelum membeli, diharap membaca label kemasan dan mengunjungi website Goldsure by Ensure untuk mengetahui lebih lanjut.