5 Tips yang Harus Diikuti Lansia Agar Badan Selalu Fit dan Segar di Bulan Puasa!

Perbesar Huruf :

Menjalani ibadah puasa bagi lansia menjadi tantangan tersendiri. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan berbagai persiapan agar bisa menjalani puasa dengan maksimal serta agar badan selalu fit dan sehat. salah satu persiapan yang perlu dilakukan yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter gizi atau ahli kesehatan untuk menentukan apakah Anda masih dapat berpuasa di bulan Ramadan atau tidak.

Bila fisik Anda dinyatakan sehat dan kuat, maka perlu memperhatikan tips berpuasa untuk lansia di bawah ini agar badan selalu fit dan segar selama Ramadan. 

1. Minum yang Cukup Agar Terhidrasi dengan Baik

Tips agar badan selalu fit dan segar saat menjalani ibadah puasa bagi lansia yang pertama yaitu pastikan minum air dengan cukup. Anda sebaiknya minum cairan yang cukup saat berbuka hingga sahur. Namun hindari berlebihan mengonsumsi cairan dan minum terlalu banyak pada satu waktu. 

2. Hindari Makan Berlebihan dan Cepat saat Berbuka Puasa Maupun Sahur

Berpuasa selama lebih dari 17 jam pasti membuat siapa pun merasa lapar. Namun, bukan berarti jika saat berbuka Anda boleh makan secara berlebihan dan terlalu cepat. Makanlah secara perlahan, secukupnya, dan pastikan makan yang bergizi. 

Saat berbuka atau sebelum shalat maghrib sebaiknya mengonsumsi makanan ringan dahulu seperti kurma atau pisang. Kurma dan pisang sendiri kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk tulang dan tekanan darah.  Kemudian dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan berat setelah menunaikan shalat maghrib.

Begitu pula saat sahur. Pastikan Anda tidak sahur mendekati waktu imsak ya agar makan tidak terburu-buru dan nutrisi yang masuk ke tubuh cukup. Tips untuk makan sahur yaitu jangan terlalu banyak minum teh dan kopi. Pasalnya baik kopi dan teh sama-sama bersifat diuretik alias akan membuat Anda jadi lebih banyak buang air kecil dan kehilangan cairan. Hindari juga terlalu banyak konsumsi gula karena makanan jadi lebih cepat dicerna. Akibatnya Anda jadi mudah lapar di siang hari. 

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur yaitu yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau nasi merah. Selain itu, perlu juga mengonsumsi makanan yang mengandung mineral, protein, vitamin seperti daging, sayur, dan buah. Jika tidak ada daging bisa diganti dengan tahu dan tempe.

Untuk bantu agar badan selalu fit dan segar selingi juga dengan minuman bernutrisi seperti susu Ensure. Di dalamnya terdapat Triple Protein, yaitu kombinasi protein whey, kasein, dan soya. Ketiganya mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Dilengkapi juga dengan kandung omega 3 & 6, serat pangan, rendah laktosa serta 14 vitamin dan 9 mineral, kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. Susu Ensure juga membantu jaga daya tahan tubuh dan menguatkan tulang serta otot. Anda bisa mengonsumsi susu Ensure dua kali sehari. Satu gelas pada saat sahur dan satu gelas pada saat berbuka puasa.

Baca juga: Tips Menambah Berat Badan Agar Anda Tetap Kuat di Usia Lanjut

3. Atur Pola Tidur saat Bulan Puasa

Bukan hanya jam makan saja yang berubah, ketika bulan puasa jam tidur juga perlu diatur agar Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

- Usahakan tidur lebih cepat dari biasanya. Sebagai contoh bila biasanya Anda tidur setiap pukul 23.00, coba majukan jam tidur satu jam lebih cepat

- Saat berbuka puasa hindari mengonsumsi makanan yang sangat pedas, tinggi gula, dan minyak terlalu banyak agar tidak mengganggu sistem pencernaan di waktu tidur

- Tidur selama 20 menit di sela aktivitas yang dijalani. Istilah ini juga dikenal dengan nama power nap. Tujuan dari power nap untuk mengembalikan energi yang sudah terpakai sebelumnya

4. Olahraga Agar Tetap Aktif

Tidak bisa dipungkiri jika puasa melelahkan secara fisik. Namun agar badan selalu fit dan segar perlu didukung dengan olahraga yang rutin. Olahraga saat berpuasa bisa dilakukan malam hari setelah berbuka atau shalat tarawih. 

Olahraga yang bisa dipilih juga tidak perlu yang berat, Anda bisa berjalan kaki di sekitar rumah atau melakukan gerakan peregangan.

5. Periksa Kadar Gula Darah

Saat sedang berpuasa, gula darah bisa naik, turun, atau stabil. Gula darah sendiri diambil dari glikogen hati dan makanan yang dikonsumsi ketika sahur. Jumlahnya bisa berubah karena bergantung pada seberapa banyak Anda mengonsumsi makanan, olahraga dan aktivitas fisik yang dilakukan, serta perubahan berat badan.

Maka dari itu, saat puasa maupun setelah sahur atau berbuka Anda perlu memeriksa gula darah secara rutin agar tetap terkontrol. Pengecekan gula darah saat ini bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan alat khusus yaitu glukometer yang bisa dibeli di pasaran.

Dengan mengikuti tips agar badan selalu fit dan segar selama puasa untuk lansia yang sudah dijelaskan di atas, semoga Anda bisa dengan lancar menjalankan ibadah hingga hari lebaran tiba, ya. Selamat mencoba dan semangat menjalani ibadah puasa!

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Lansia & Tips Mudah untuk Meraihnya!