Waspada! Berikut Tanda Kekurangan Vitamin D dan Kalsium pada Orang Dewasa

Perbesar Huruf :

Baik vitamin D dan kalsium menjadi pasangan kandungan yang tidak bisa terpisahkan. Vitamin D berperan menjaga kekuatan tulang dan otot, mempermudah penyerapan kalsium serta menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh dari manusia lahir hingga usia lanjut. 

 

Kalsium berperan dalam membangun gigi dan tulang yang kuat, membantu kerja sistem saraf, membantu pembekuan darah serta membuat jantung maupun dan otot-otot bekerja dengan maksimal.

 

Meski memiliki banyak manfaat, ada sebagian orang yang mengalami kekurangan vitamin D dan kalsium pada orang dewasa. Akibatnya akan berdampak negatif bagi tubuh. Apa jadinya jika kekurangan vitamin D dan kalsium pada orang dewasa? Tubuh akan menunjukkan tanda-tanda seperti di bawah ini.

 

Tanda Kekurangan Vitamin D

1. Stres berlebihan bahkan hingga depresi

2. Luka yang tidak kunjung sembuh

3. Kelelahan yang berlebih

4. Tulang keropos

5. Mengalami nyeri otot

6. Nyeri tulang dan punggung

7. Rambut mengalami kerontokan

8. Tubuh mudah sakit

 

Tanda Kekurangan Kalsium (Hipokalsemia)

1. Gangguan psikologis seperti mudah lupa, sering merasa kebingungan, dan depresi

2. Kejang dan kesemutan

3. Nyeri otot dan kram

4. Kuku dan rambut rapuh

5. Tubuh mudah merasa lelah

6. Nafsu makan jadi berkurang

7. Meskipun tidak mengalami cedera berat, tulang mudah rapuh atau patah

 

Jika kekurangan vitamin D dan kalsium pada orang dewasa dibiarkan terus menerus, Anda berisiko mengalami penyakit serius, salah satunya yaitu osteoporosis. Penyebab osteoporosis selain kekurangan asupan vitamin D dan kalsium, faktor lainnya yaitu keturunan, kurang bergerak, merokok, dan usia yang bertambah. 

 

Penyakit satu ini menunjukkan tanda seperti mudah mengalami patah tulang, nyeri leher dan tulang punggung bawah, penurunan tinggi badan secara bertahap, dan postur tubuh yang bungkuk.

 

Baiknya bila Anda sudah merasakan beberapa tanda kekurangan vitamin D dan kalsium pada orang dewasa di atas segera diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi kesehatan.

 

Baca juga: 4 Manfaat Protein dalam Tubuh Lansia dan Bagaimana Cara Memperolehnya

 

Mencegah Osteoporosis

Mencegah osteoporosis salah satunya dengan banyak bergerak lewat olahraga, jauhi rokok dan minuman beralkohol. Penting juga memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D dari makanan seperti ikan, jamur, sayuran, telur maupun minuman seperti susu. 

 

Untuk rekomendasi susu tinggi vitamin D dan kalsium, Anda bisa mengonsumsi Ensure. Selain kalsium dan vitamin D manfaat dari susu ini berasal dari kombinasi kandungan Triple Protein (protein whey, kasein dan soya) yang mudah diserap dan juga dicerna oleh tubuh. 

 

Ada pula omega 3 & 6 yang bisa menjaga kesehatan jantung, sumber serat pangan serta 14 vitamin dan 9 mineral yang bantu dukung daya tahan tubuh dan memberikan kekuatan agar aktif dalam menjalankan berbagai kegiatan.  Susu Ensure dianjurkan untuk dikonsumsi dua kali sehari.

 

Ensure bisa ditemukan di berbagai supermarket terdekat. Anda bisa memilih varian vanila atau cokelat dengan berbagai ukuran yaitu 150 gram, 400 gram, dan 900 gram. Sebagai informasi untuk varian 150 gram hanya tersedia rasa vanila. 

 

Baca juga: 5 Manfaat Kandungan Susu Ensure sebagai Cara Menjaga Kesehatan Otot Anda