Cara Mendukung Kebutuhan Gizi Lansia di Bulan Ramadan dengan Minum Ensure

Perbesar Huruf :

Sama seperti wanita hamil, lansia yang masih kuat melakukan puasa Ramadan dan memiliki fisik yang sehat, dianjurkan untuk menunaikannya. Namun untuk menjalankan ibadah puasa bagi orang yang sudah tua perlu memerhatikan beberapa hal, salah satunya kebutuhan gizi pada lansia. Baik saat berbuka dan sahur disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang agar membantu tubuh menjalankan puasa dengan lancar, kuat, dan tubuh tetap sehat hingga hari kemenangan tiba.  

Dalam menyajikan makanan sehat untuk lansia baik saat buka puasa dan sahur disarankan bukan hanya ada nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan, namun lengkapi juga dengan segelas susu. Dengan mengonsumsi segelas susu juga bisa bantu memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa, menjadi penyumbang asupan cairan, susu juga memiliki kalori yang bekerja sebagai cadangan energi saat melakukan aktivitas. 

Belum lagi di dalam susu terdapat banyak kandungan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi pada lansia. Beberapa di antaranya vitamin A yang mampu memelihara kesehatan mata dan kulit, vitamin B dan C yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh serta vitamin D yang membantu penyerapan kalsium agar bekerja maksimal pada gigi dan tulang.

Anda bisa mengonsumsi Ensure sebagai pelengkap kebutuhan gizi pada lansia. Ada beberapa kelebihan dari susu Ensure, yaitu mengandung beberapa nutrisi seperti: 

1. Triple Protein (Whey, Kasein, & Soya)

- Protein whey dikenal mampu membantu pembentukan otot karena lebih cepat diserap tubuh. Jenis protein ini biasanya memang ada dalam susu dan para atlet sering mengandalkannya untuk bantu jaga kekuatan otot tubuh. Di dalam protein whey mengandung asam amino esensial yang tinggi dan mudah dicerna. Ada juga leusin yang bertugas mendukung proses perbaikan jaringan tulang berjalan dengan baik serta membantu pembentukan dan pemeliharaan massa otot.

- Protein kasein juga berasal dari susu. Namun, kasein lebih lama dicerna oleh tubuh, dan lebih lama bertahan di dalam tubuh. Tugas protein kasein yaitu menjaga kesehatan dan memperbaiki kondisi otot ketika tubuh sedang beristirahat.

- Protein kedelai sering dijadikan pilihan untuk dikonsumsi bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa, itulah sebabnya kandungan ini aman bagi pencernaan.

 

2. Vitamin D

Kebutuhan gizi pada lansia yang juga diperlukan dan ada di susu Ensure yaitu vitamin D. Fungsi dari vitamin D yaitu bantu menjaga kepadatan tulang dan kesehatan otot serta membantu penyerapan kalsium agar berfungsi maksimal. Vitamin D juga berperan mengurangi risiko infeksi. 

 

3. Kalsium

Di dalam susu Ensure juga mengandung kebutuhan gizi pada lansia berupa kalsium. Mineral satu ini mampu membuat gigi dan tulang tetap kuat dan tidak mudah rapuh. Kalsium juga mendukung kontraksi otot dan kerja sistem saraf berjalan dengan baik.

Selain itu, susu Ensure yang dianjurkan diminum dua kali sehari ini juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh lainnya. Beberapa di antaranya yaitu omega 3 & 6, serat pangan, 14 vitamin dan 9 mineral, serat pangan yang bantu menjaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan aktif sepanjang hari. 

Sekadar informasi, seperti yang sudah disampaikan di atas, jika susu berperan sebagai pelengkap bukan sebagai asupan utama untuk berbuka maupun sahur. Jadi tidak disarankan untuk dikonsumsi sendiri tanpa adanya asupan lain. 

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Lansia & Bagaimana Cara Memenuhinya

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berpuasa bagi Lansia 

1. Lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah

2. Mengganti sumber karbohidrat yang lebih sehat dan mengurangi kadar gula jadi melonjak dengan mengonsumsi beras merah, gandum utuh, seperti oatmeal atau roti gandum 

3. Hindari mengonsumsi makanan sekaligus banyak saat berbuka dan sahur. Perlu diketahui, tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memberi tahu tubuh apakah sudah merasa kenyang atau belum. Jadi pastikan makan secukupnya

4. Cukupi protein dengan mengonsumsi ikan dan kacang-kacangan seperti kedelai. Ikan cenderung lebih baik dibanding daging kambing atau sapi. Karena bila terlalu banyak dikonsumsi bisa picu penyakit kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi

Tak lupa juga, hindari melakukan aktivitas yang berlebihan saat berpuasa untuk mencegah tubuh cepat lelah dan lemas. Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup setiap hari. 

Dengan menerapkan cara-cara di atas selama bulan Ramadan, akan membantu tubuh tetap sehat dan kuat menjalani ibadah puasa. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya dan selamat menunaikan ibadah puasa!

Baca juga: Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh Para Lansia Secara Efektif? Simak Beberapa Tipsnya!