Ingin Dukung Nutrisi di Masa Tua dengan Susu Protein Tinggi Simak Fungsinya Berikut Ini!

Perbesar Huruf :

Protein sudah dikenal sebagai salah satu asupan yang sering dimanfaatkan oleh para atlet maupun orang yang ingin membentuk otot tubuh. Namun, sebenarnya protein juga sangat diperlukan oleh lansia untuk membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan memenuhi kebutuhan energi.

 

Perlu diketahui, 90 persen protein yang terdapat dalam makanan akan dicerna dan diserap oleh tubuh untuk bantu membentuk dan memperbaiki massa otot dan sel yang mengalami kerusakan. 

 

Massa otot juga menjadi indikator kesehatan yang penting, khususnya seiring bertambahnya usia. Namun, mulai usia 40 tahun orang dewasa berisiko kehilangan hingga 8% massa otot setiap 10 tahun, dan tingkat kehilangan ini bisa berlipat ganda mulai usia 70 tahun.

 

Studi SHIELD (Strengthening Health in ELDerly through Nutrition) menemukan bahwa seiring bertambahnya usia, 1 dari 5 lansia dengan status gizi normal berpotensi berisiko mengalami sarkopenia. Akibatnya, lansia juga berisiko mudah terjatuh saat sedang beraktivitas dan sulit menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

Proses Pembentukan Otot dengan Protein

Prosesnya sebelum tubuh menyerap protein, enzim pencernaan yang terdapat pada usus dan lambung akan memecah protein menjadi bagian kecil berupa asam amino. Bila protein sudah dipecah, asam amino segera disalurkan ke usus halus atau darah agar bisa diserap. Tanda jika protein diserap dengan baik oleh otot yaitu jika Anda merasa pencernaan lebih sehat dan otot terasa lebih kencang.

 

Kebutuhan Protein yang Dianjurkan (Per Hari)

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan, kebutuhan protein untuk setiap orang dibagi berdasarkan usia dan jenis kelamin. 

 

Usia

Pria

Wanita

19 – 29 tahun

65 gram

60 gram

30 – 49 tahun

65 gram

60 gram

50 – 64 tahun

65 gram

60 gram

65 – 80 tahun

64 gram

58 gram

80+ tahun

64 gram

58 gram

 

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Lansia dengan Lewat Pemberian Susu untuk Orang Tua

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Protein untuk Lansia 

Untuk mendapatkan asupan protein Anda perlu selalu makan yang bergizi seperti telur, daging tanpa lemak ikan tuna, dada ayam, brokoli, makanan laut, greek yoghurt, oat, kacang-kacangan, quinoa, dan susu protein tinggi. 

 

Khusus untuk susu protein tinggi berfungsi membantu menghilangkan lemak jahat dalam tubuh, menambah massa otot, dan meningkatkan kekuatan. Rekomendasi susu protein tinggi yang bisa dikonsumsi setiap hari, salah satunya adalah seperti Ensure. Susu Ensure dengan kandungan protein yang cukup dan kombinasi unik dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan juga menjaga kekuatan otot.

 

Ada beragam kandungan susu Ensure yang bisa Anda peroleh yaitu formula Triple Protein. Formula ini merupakan dari kombinasi yang unik whey, kasein, dan soya, yang mudah dicerna, diserap, dan bertahan lama dalam tubuh.

 

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat 14 vitamin dan 9 mineral, serat pangan, Omega-3 & 6, rendah laktosa, dan juga termasuk tinggi kalsium dan vitamin D demi menjaga kepadatan tulang. Susu Ensure dengan kandungan nutrisi vitamin dan juga mineral yang lengkap dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan memberi kekuatan agar tubuh dapat aktif melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari.

 

Selain dari asupan makanan dan minuman, Anda juga perlu melakukan olahraga teratur lima kali seminggu dengan durasi waktu minimal 30 menit per harinya. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa melakukan olahraga minimal dua hingga tiga kali seminggu dengan durasi waktu 30 menit per harinya. 

 

Baca juga: Ingin Mengganti Makanan Lansia dengan Susu Tinggi Kalori? Perhatikan Hal-hal Berikut Dulu!