Jangan Abaikan! Ketahui Cara Mengatasi Kurang Gizi pada Orang Dewasa & Lansia Berikut

Perbesar Huruf :

Kurang gizi adalah bentuk malnutrisi yang dialami seseorang saat tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan dalam jangka waktu lama. Kurang gizi merupakan gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai.

 

Pasalnya, siapa pun bisa mengalami kekurangan gizi, termasuk orang dewasa dan lansia. Secara umum, malnutrisi yang dialami orang dewasa dan lansia menjadi masalah yang biasa terjadi. Namun, bila dibiarkan bisa memicu masalah kesehatan serius. 

 

Untuk tahu lebih lanjut terkait malnutrisi, mari simak apa saja gejala dan bagaimana cara mengatasi kurang gizi pada orang dewasa dan lansia berikut ini.

 

Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa dan Lansia

- Berat badan yang terus menurun

- Berkurangnya jaringan otot dan lemak di dalam tubuh

- Berkurangnya selera makan

- Konsentrasi menurun

- Kurang suka minum

- Lebih mudah sakit dan memerlukan waktu lebih lama untuk pulih

- Memerlukan waktu yang lama untuk menyembuhkan luka

- Mudah merasa kedinginan dan terjatuh

- Mulut dan gusi sering mengalami nyeri atau luka

- Muncul rasa lelah dan lemah sepanjang hari

- Suasana hati sering berubah dengan cepat dan merasa stres berlebih

 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Berat Badan dan Kebutuhan Gizi Lansia di Masa Penyembuhan

 

Cara Mengatasi Kurang Gizi pada Orang Dewasa dan Lansia

Untuk membantu mengatasi masalah ini diperlukan pemeriksaan dengan dokter ahli gizi agar bisa diberikan arahan yang sesuai. Selain itu, care giver perlu memberi perhatian khusus untuk membantu orang dewasa atau lansia yang mengalami kekurangan gizi kembali sehat dan memperoleh asupan yang cukup. 

 

Berikut cara mengatasi kurang gizi pada orang dewasa dan lansia yang bisa dilakukan di rumah:

- Agar memudahkan orang dewasa dan orang tua mengonsumsi dan menghabiskan makanan sehari-harinya, bagilah kebutuhan nutrisinya ke dalam beberapa kali makan besar dan camilan. Masing-masing sajikan dalam porsi kecil

- Pastikan orang dewasa dan lansia makan yang bergizi setiap hari

- Untuk memperkaya rasa dan meningkatkan selera makan, bisa beri tambahan berbagai bumbu dan menyajikan makanan berwarna mencolok

- Dibanding memberikan kuah kaldu ayam saja, lebih baik berikan sayur sup ayam yang dilengkapi sayuran

- Cara mengatasi kurang gizi pada orang dewasa dan lansia selanjutnya dengan meningkatkan jumlah kalori tanpa menambah jumlah makanan. Anda bisa melakukannya dengan menambah rasa manis dari madu asli pada sereal mereka. Bisa juga dengan menambah daging atau keju pada makanannya

- Jika diperlukan, cara mengatasi kurang gizi pada orang dewasa juga bisa dengan memberi minuman tambahan seperti susu untuk bantu menambah berat badannya. Salah satu yang bisa Anda berikan yaitu Goldsure by Ensure setiap hari. Susu Goldsure by Ensure akan membantu melengkapi nutrisi selama pemulihan yang diawasi oleh dokter. Pada setiap gelas Goldsure by Ensure mampu memberikan 10 gram Triple Protein untuk tubuh, yang merupakan kombinasi unik dari 3 jenis protein -- kasein, soya, dan whey -- untuk manfaat protein yang lebih baik.

 

Kandungan protein tersebut yaitu protein whey dan kasein yang berasal dari protein hewani dan protein soya yang merupakan protein nabati serta HMB sebagai nutrisi yang akan bantu beri kekuatan otot bagi orang tua yang sedang dalam fase pemulihan.

 

Bukan hanya itu, di dalamnya juga ada sumber serat pangan FOS yang merupakan prebiotik bagus untuk kesehatan saluran cerna. Ada pula omega-3 & omega-6, tinggi vitamin D dan kalsium, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa yang dapat mendukung daya tahan tubuhnya. Kunjungi halaman Goldsure by Ensure dari Abbot Nutrition untuk mengetahui kandungan nutrisi lebih lanjut.

 

Bila tubuh sudah kembali sehat, Anda bisa memberikan Ensure untuk memberikan nutrisi demi menunjang kekuatan dan aktif sepanjang hari. Susu Ensure diperkaya dengan Triple Protein (whey, kasein dan soya) yang cenderung mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

 

Susu tinggi protein ini juga mengandung sumber serat pangan, tinggi kalsium dan sumber vitamin D, omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa sehingga nyaman di perut. Ensure mampu membantu menjaga daya tahan tubuh dan membantu memberi kekuatan agar bisa tetap aktif sepanjang hari. 

 

Sebelum membeli Ensure maupun Goldsure by Ensure, pastikan untuk membaca label sebelum membeli. Bila perlu, konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang memerlukan perhatian khusus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Baca juga: 5 Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit yang Bisa Dilakukan oleh Lansia