6 Akibat Kehilangan Massa Otot di Masa Tua yang Wajib Diwaspadai!

Perbesar Huruf :

Massa otot merupakan ukuran otot (baik berukuran kecil maupun besar) yang dimiliki oleh tubuh kita. Massa otot biasanya berkurang disebabkan dari kurangnya aktivitas fisik dan saat mulai memasuki usia 30 tahun akan terjadi penurunan. Berkurangnya massa otot juga mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan kekuatan serta daya tahan dari tubuh seseorang. 

 

Sebelum menginjak umur 30 tahun, sangat penting untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan massa otot agar tidak terjadi kehilangan massa otot di masa tua. Namun, yang terjadi biasanya hal yang sebaliknya yaitu menambah lemak tubuh di usia muda. 

 

Akibat kehilangan massa otot tentunya sangat merugikan bagi tubuh kita baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kualitas hidup dan kesehatan dipengaruhi dengan massa otot ini, jika kita kehilangan massa otot, maka akan ada beberapa ciri yang bisa dirasakan seperti mudah merasa tegang ketika berolahraga, sering kali mudah merasa lesu, dan Anda akan merasa kalau tidak lebih kuat dari hari ke hari. 

 

Sebelum terlambat ada baiknya Anda mengenal lebih dekat 6 akibat kehilangan massa otot di masa tua yang harus diwaspadai sejak muda berikut ini.

 

1. Berat Badan Menurun

Ketika Anda kehilangan massa otot, maka berat badan Anda akan turun secara drastis. Hal itu tentunya sangat tidak baik untuk kondisi tubuh secara keseluruhan.

 

2. Mobilitas Menurun

Dari hal-hal umum yang sudah dijelaskan di atas, seperti mudah terasa tegang dan lelah, maka hal tersebut dapat mempengaruhi mobilitas Anda. Mudah lelah dan mudah merasa tegang menyebabkan Anda merasa bahwa lebih baik duduk diam dan tidak bergerak.

 

3. Risiko Jatuh Meningkat

Ketika Anda merasakan mudah tegang ketika sedang melakukan aktivitas fisik, maka hal tersebut dapat membuat seseorang jatuh secara tiba-tiba.

 

4. Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan sebuah kondisi kala gula darah tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuh dikarenakan adanya gangguan terhadap respons dari sel tubuh terhadap insulin. Resistensi insulin dapat mempengaruhi fungsi organ lain seperti menyebabkan hipertensi, peningkatan asupan kalori di otak, dan penurunan kekuatan tulang. Resistensi insulin ini bisa terjadi dalam jangka panjang dan kita cenderung tidak menyadarinya. 

 

5. Komplikasi Bagi Penderita Masalah Pernapasan

Melemahnya massa otot tentunya mempengaruhi dalam pelemahan otot pernapasan juga, maka dari itu jika Anda memiliki masalah pernapasan, komplikasi ini akan rentan terjadi ketika Anda sudah mulai kehilangan massa otot Anda.

 

6. Kesehatan Jantung yang Menurun

Penurunan massa otot memiliki pengaruh dalam risiko kardiovaskular dikarenakan penurunan kekuatan jaringan otot, hal tersebut berkaitan dengan timbulnya masalah di jantung atau penurunan kesehatan jantung.

 

Cara Mencegah Hilangnya Massa Otot

Akibat kehilangan massa otot tentunya sangat berbahaya seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun jangan takut, hal-hal tersebut bisa dicegah atau dikurangi risikonya dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Tetap Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga yang dapat Anda lakukan yaitu olahraga ketahanan otot. Olahraga ketahanan otot dan kekuatan otot yang dapat dicoba seperti aerobik. 

2. Tidur dan Istirahat Secara Cukup

Waktu istirahat dan tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga massa otot, karena waktu istirahat yang cukup dapat mendukung regenerasi otot dan membuat otot tumbuh secara baik.

3. Mengurangi Konsumsi Gula Secara Berlebih

Kita tahu bahwa peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan berkelanjutan hingga resistensi insulin, maka Anda dapat mengganti hal-hal yang mengandung gula secara berlebih dengan kandungan yang memiliki kadar gula yang rendah.

4. Makan dan Minum dengan Nutrisi yang Terbaik

Nutrisi terbaik yang terdapat di makanan atau minuman yaitu seperti protein dan kalsium tinggi yang sangat berguna untuk mempertahankan massa otot. Makanan-makanan yang bisa dikonsumsi antara lain buah dan sayuran, protein bebas lemak (telur), dan karbohidrat yang kompleks (nasi merah atau roti gandum).

 

Pemenuhan nutrisi terbaik dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi susu Goldsure by Ensure. Goldsure by Ensure ini mengandung HMB atau Hydroxy Methylbutyrate yang merupakan metabolit aktif dari asam amino ke asam amino leusin yang bisa menurunkan pemecahan protein sehingga membantu hilangnya massa otot. Tidak hanya HMB, Goldsure by Ensure ini juga memiliki kandungan Triple Protein, 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3&6, rendah laktosa serta nutrisi penting lainnya.

 

Susu Goldsure by Ensure dapat dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi di masa pemulihan, ketika tubuh sudah mulai kembali sehat, maka dapat dilanjutkan dengan minum susu Ensure sebagai nutrisi untuk kekuatan dan aktif sepanjang hari. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi Goldsure by Ensure atas arahan dari dokter dan diharapkan untuk membaca label kemasan.