6 Cara Menjaga Kesehatan Lansia Menjelang Idul Fitri Tahun Ini

Perbesar Huruf :

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, hari Idul Fitri selalu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu. Terang saja, lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, supaya dapat merasakan Idul Fitri dengan gembira bersama sanak saudara, kesehatan tubuh perlu dijaga sejak jauh hari. Apalagi bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut. 

 

Terlebih, mengingat pandemi COVID-19, Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat serta senantiasa menjaga kebersihan diri. Berikut ini adalah cara yang dapat diterapkan oleh caretaker dalam menjaga kesehatan lansia guna menyambut lebaran tahun ini.

 

1. Jaga Rutinitas Aktivitas Fisik

Cara menjaga kesehatan lansia yang penting adalah mendorong mereka untuk melakukan rutinitas yang melibatkan aktivitas fisik. Hal ini dianggap mampu mendorong penguatan sistem kekebalan tubuh. 

 

Nyatanya, apabila banyak bergerak, tubuh bisa mencegah peradangan dan infeksi dengan baik. Tidak perlu khawatir, aktivitas fisik yang dimaksud tidak harus terlalu berat, apalagi di waktu puasa. Jogging atau berjalan kaki di sekitar rumah 20-30 menit per hari, misalnya, bisa membantu lansia dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jika masih terasa berat, hal ini bisa dijadwalkan untuk dilakukan menjelang berbuka.

 

2. Perhatikan Kesehatan Mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Bahkan harus diketahui juga, anxiety atau kecemasan serta depresi bisa menghampiri siapa saja tanpa pandang bulu. Maka dari itu, Anda sebagai orang yang hidup berdampingan dengan lansia, perlu mengecek kesehatan mental mereka. Pastikan mereka merasa tenang dengan keadaan sekitar dan antarlah mereka menemui teman-temannya. Apabila diperlukan, ajak dan temani mereka untuk berkonsultasi ke terapis.

 

3. Pastikan Kebutuhan Perawatan Medis Terpenuhi (jika diperlukan)

Apabila memiliki penyakit atau sedang dalam masa pemulihan, Anda wajib memastikan bahwa kebutuhan perawatan medis mereka selalu terpenuhi dengan baik. Sebagai caretaker, Anda bisa mulai membantu meletakkan obat-obatan di tempat yang terjangkau. Atur serapi mungkin agar tidak membingungkan ketika mereka membutuhkannya. 

 

Bahkan kalau bisa, Anda yang sebaiknya mendampingi mereka untuk mengonsumsi obat, vitamin, atau suplemen yang dibutuhkan. Selain itu, kebutuhan perawatan medis juga mencakup konsultasi kepada dokter.

 

4. Menghindari Kontak dengan Orang yang Sakit

Memelihara kesehatan dapat dimulai dengan langkah-langkah pencegahan. Cara menjaga kesehatan lansia, salah satunya, dapat diwujudkan melalui pengurangan kontak dengan orang yang sedang sakit. Tentu saja, mereka yang sudah berusia lanjut lebih rentan untuk tertular penyakit. Apalagi dengan mengingat situasi pandemi, pengurangan kontak baik dengan orang yang sakit maupun sehat menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. 

 

5. Dorong Pola Tidur dan Makan yang Teratur

Daya tahan tubuh yang optimal tidak terpisahkan dari teraturnya pola tidur dan makan. Setelah menjalankan rutinitas fisik yang sesuai, Anda perlu memastikan bahwa mereka telah mendapatkan waktu istirahat dan makan yang cukup.

 

6. Berikan Asupan yang Baik dalam Pemenuhan Nutrisi Hariannya

Ini adalah cara menjaga kesehatan lansia yang sebaiknya tidak Anda lupakan sebagai seorang caretaker. Lansia membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga daya tahan tubuh mereka berada pada tingkat yang sehat. Anda bisa memulai dari perencanaan menu makanan yang bergizi serta pemberian vitamin atau suplemen tambahan lainnya. 

 

Terlebih, susu tinggi protein juga mampu melengkapi kebutuhan nutrisi mereka. Ensure, misalnya, mengandung Triple Protein, 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, kaya akan serat, dan rendah laktosa. Pastikan orang tua meminum Ensure dua kali sehari. Bagi mereka yang berpuasa, susu dapat diminum saat sahur dan sebelum tidur.

 

Di atas tadi merupakan 6 cara menjaga kesehatan lansia yang dapat Anda terapkan sebagai caretaker. Semuanya saling melengkapi. Kesehatan fisik perlu diimbangi dengan kesehatan mental. Olahraga yang cukup sebaiknya juga diiringi dengan durasi tidur yang cukup serta asupan yang bergizi. Apabila 6 cara menjaga kesehatan lansia tersebut berhasil terwujud, orang tua, saudara, atau mereka yang hidup berdampingan dengan Anda mampu menyambut hari yang Fitri dengan tubuh serta mental yang sehat.